PENGEMBANGAN MODUL PENGENALAN BATIK BAGI SISWA KELAS IV SD N 01 DLIMOYO TEMANGGUNG

Cindra Miftachul Hidayah, Sugiyem Sugiyem, M.Pd

Abstract


Tujuan penelitian ini  : 1) mengembangkan modul pengenalan batik bagi siswa kelas IV SDN 01
Dlimoyo Temanggung, 2) mengetahui kelayakan dari modul pengenalan batik bagi siswa kelas IV SDN
01 Dlimoyo Temanggung. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan delapan
tahapan  yaitu  Potensi  dan  masalah,  Mengumpulkan  informasi,  Desain  produk,  Validasi  desain,
Perbaikan  desain,  Uji  coba  produk,  Revisi  produk,  dan  Uji  coba  pemakaian  skala  besar.  Penelitian
dilaksanakan di  SD N 01 Dlimoyo Temanggung  dengan subyek penelitian sebanyak  32  siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis diskriptif. Hasil penelitian ini berupa: 1) terciptanya
media  pembelajaran  berupa  modul  pengenalan  batik  bagi  siswa  kelas  IV  SD,  2)  Kelayakan  modul
pengenalan batik bagi siswa kelas IV SD  berdasarkan penilaian para ahli termasuk dalam kategori layak
dengan presentase kelayakan 100%. Hasil  Uji coba skala kecil dengan 5 responden diperoleh presentase
100% dengan kategori ”setuju” sedangkan uji coba skala besar diperoleh presentase sebanyak 75% dari
27 responden dengan kategori ”setuju”  modul  pengenalan batik digunakan sebagai media pembelajaran.
Hal  ini  menunjukkan  bahwa  media  pembelajaran  modul  pengenalan  batik  sudah  “layak”  digunakan
sebagai media pembelajaran materi pengenalan batik.
Kata Kunci : Penggembangan Modul, Pengenalan Batik

 

This study aimed to: 1) develop a module to introduce batik to Grade IV students of SDN 01
Dlimoyo,Temanggung;  and 2) investigate the appropriateness of the module to introduce batik to Grade
IV students of SDN 01 Dlimoyo,Temanggung. This was a research and development (R & D) study with
eight  stages:  potential  and  problem,  information  collection,  product  design,  design  validation,  design
improvement, product tryout, product revision, and large -scale tryout. The study was conducted at SDN
01  Dlimoyo,Temanggung,involving  32  students as research  subjects. The  data analysis  technique  was
the descriptive analysis technique.The results of the study were as follows. 1) The product was learning
media in the form of a module to introduce batik to Grade IV students of the elementary school. 2) The
module to introduce batik to Grade IV students of the elementary school based  on the assessment by
experts was appropriate with 100% of appropriateness. The results of the small-scale tryout involving 5
respondents showed 100% of agreement while the large-scale tryout showed that 75% of 27 respondents
agreed to use the module to introduce batik as learning media. This showed that the module to introduce
batik as learning media was appropriate to be used as learning media for the topic of batik introduction.
Keywords: Module Development, Batik Introduction


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2013). Model – model, Media,

dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Jurnal Pendidikan Teknik Busana Tahun 2017

Arikunto, suharsimi. (2010). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran.

Jakarta : Rajawali Pers.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran.

Bandung : Satu Nusa.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran

Peranan Sangat Penting Dalam

Mencapai Tujuan Pembelajaran.

Yogyakarta : Gava Media.

Daryanto. (2013) . Menyusun Modul Bahan

Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam

Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Direktorat Pembinaan SMA. (2008) . Panduan

Pengembangan Bahan Ajar. Departemen

Pendidikan Nasional . Jakarta.

Direktorat Pembinaan SMK. (2008) . Teknik

Penyusunan Modul, Seri Bahan

Bimbingan Teknis Implementasi KTSP.

Departemen Pendidikan Nasional .

Jakarta.

Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik

Dan Tenaga Kependidikan. (2008) .

Penulisan Modul . Departemen

Pendidikan Nasional . Jakarta.

Irawan, Candra S. (1984) . Batik Dan

Membatik. Jakarta: Akadoma.

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2013).

Media Pembelajaran Manual dan

Digital. Bogor : Ghalia.

Lisbianto, Herry. (2013) . Batik . Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Musman, Asti. (2011) . Warisan Adiluhung

Nusantara. Yogyakarta: CV. Andi

Offset.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi

Informasi dan Komunikasi. Bandung :

Alfabeta.

Rusdiati, Sri. (2000) . Membatik ( Diktat

Kuliah. Tidak Diterbitkan).

Rusman. (2010) . Model-Model Pembelajaran

Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: Rajawali Persada

Sadiman, Arief S. dkk. (2014). Media

Pendidikan Pengertian Pengembangan,

dan Pemanfaatannya. Jakarta :

Rajawali Pers.

Setyosari. (2012) . Metode Penelitian,

Pendidikan & Pengembangan. Jakarta:

Kencana Persada Media Group.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. (2013). Media

Pengajaran (Penggunaan dan

Pembuatannya). Bandung : Sinar Baru

Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung : Alfabeta.

Sumanto (2015). Makna Simbolis Gambar

Anak-Anak. Malang: Gunung Samudra

Suparno, Paul (2006). Teori Perkembangan

Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta:

Kanisius

Susanto, Sewan. (1980) . Seni Kerajinan Batik

Indoensia. Yogyakarta: Balai Penelitian

batik & Kerajinan Departemen

Perindustrian.

Soedewi, Sri. (2007) . Teknik & Ragam Hias

Batik . Yogyakarta: Balai Penelitian batik

& Kerajinan Departemen Perindustrian.

Sukiman. (2012) . Pengembangan Media

Pendidikan.Yogyakarta: Pedajogja.

Susilana, Rudi & Riyana, Cepi. (2008). Media

Pembelajaran. Bandung : Jurusan

Kurtekpend FIP UPI.

Tim Puslitjaknov. (2008) . Metode Penelitian

Pengembngan. Pusat Kebijakan Dan

Inovasi Pendidikan BadanPenelitianDan

Pengembangan Departemen Pendidikan

Nasional . Jakarta.

Uno, Hamzah B. (2007) . Model Pembelajaran

Menciptakan Proses Belajar Mengajar

Yang Kreatif & Efektif. Jakarta: Bumi

Aksara.

Pengembangan Modul Pengenalan ....(Cindra Miftachul H )11

Warsita, Bambang. (2008) . Teknologi

Pembelajaran Landasan & Aplikasinya.

Jakarta: Rineka Cipta.

Widoyoko, Eko P. (2012).Teknik Penyusunan

Instrumen Penelitian. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar.

Wulandari, Ari. (2011). Batik Nusantara Makna

Filosofi, Cara pembuatan & Industri

Batik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i6.10325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1