PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MENJAHIT GAUN SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO

Marinda Yuni Asari, Sri Emy Yuli Suprihatin, M.Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) motivasi belajar siswa dalam menjahit gaun yang
tidak  menggunakan  video pembelajaran (2) motivasi  belajar siswa dalam menjahit  gaun  yang
menggunakan  video  pembelajaran  (3)  pengaruh  video  pembelajaran  terhadap  motivasi  belajar  menjahit
gaun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperiment dengan desain One Group Pre-test Post-test
design.  Populasi  sebanyak  38  siswa  dan  sampel  sebanyak  30  siswa.  Teknik  pengambilan  sampel
menggunakan simple  random  sampling.  Pengumpulan  data  menggunakan  angket.  Validitas  instrumen
menggunakan judgment expert dan uji coba. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik tes retes dengan
rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan inferensial. Uji
hipotesis menggunakan uji Paired T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa dalam menjahit gaun yang tidak
menggunakan  video  pembelajaran termasuk  dalam  kategori  rendah,  (2)  motivasi belajar siswa dalam
menjahit  gaun yang  menggunakan  video  pembelajaran termasuk dalam  kategori  sangat  tinggi,  (3)  Ada
pengaruh  media  video  pembelajaran  terhadap  motivasi  belajar  menjahit  gaun pada  siswa  kelas  X  SMK
Diponegoro.
Kata kunci : Video Pembelajaran, Motivasi, Gaun.

This study aimed to find out: (1) the learning motivation to sew gowns among students who did not
use learning video, (2) the learning motivation to sew gowns among students who used learning video, (3)
the effect of learning video on the learning motivation to sew gowns.
This was a pre-experimental study. The research design was the one-group pretest-posttest design.
The population comprised 38 students and the sample consisted of 30 students. The sampling technique
was the simple random sampling technique. The data were collected by a questionnaire. The instrument
validity  was  assessed  by  expert  judgment.  The  instrument  was  tried  out  and  the  results  were  calculated
using the product moment correlation formula. The instrument reliability was assessed by the test-retest
technique  with  Cronbach’s  alpha  formula.  The  data  were  analyzed  using  the  quantitative  descriptive
inferential techniques. The hypothesis testing used the paired t-test.
The results of the study showed that: (1) the mean of the motivation of the students who did not use
learning video indicating low motivation; (2) the mean of the motivation of the students who use d learning
video indicating very high motivation; (3) there was an effect of learning video on the learning motivation
to sew gowns among.. This indicated that learning video media had an effect on the learning motivation to
sew gowns.
Keywords: Learning Video, Motivation, Gowns


Full Text:

PDF

References


A. Suhaenah Suparno. (2001). Membangun

Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral.

Pendidikan Tinggi Departemen

Pendidikan Nasional

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2011).

Media Pembelajaran Manual dan

Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Dary anto. ( 2010). Media Pembelajaran

Peranannya Sangat Penting Dalam

Mencapai Tujaun Pembelajaran.

Yogy akarta: Gava Media.

E. Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional

Mencipatakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran

perspektif Guru dan Siswa. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya Offse.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. ( 2011). Media

Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Algensind

Jurnal Pendidikan Teknik Busana Tahun 2017 8

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran

Berbasis Komputer Mengembangkan

Profesionalisme Guru Abad 21.

Bandung: Alfabeta

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi & Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Raja

Grafindo Persada

Sumiati &Asra. (2009). Metode Pembelajaran.

Bandung: CV Wacana Prima

Zainal Aqib. (2014). Model-model, media dan

strategi pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i6.10324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1