PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MENJAHIT GAUN SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO
Sri Emy Yuli Suprihatin, M.Si, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) motivasi belajar siswa dalam menjahit gaun yang
tidak menggunakan video pembelajaran (2) motivasi belajar siswa dalam menjahit gaun yang
menggunakan video pembelajaran (3) pengaruh video pembelajaran terhadap motivasi belajar menjahit
gaun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperiment dengan desain One Group Pre-test Post-test
design. Populasi sebanyak 38 siswa dan sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen
menggunakan judgment expert dan uji coba. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik tes retes dengan
rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan inferensial. Uji
hipotesis menggunakan uji Paired T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa dalam menjahit gaun yang tidak
menggunakan video pembelajaran termasuk dalam kategori rendah, (2) motivasi belajar siswa dalam
menjahit gaun yang menggunakan video pembelajaran termasuk dalam kategori sangat tinggi, (3) Ada
pengaruh media video pembelajaran terhadap motivasi belajar menjahit gaun pada siswa kelas X SMK
Diponegoro.
Kata kunci : Video Pembelajaran, Motivasi, Gaun.
This study aimed to find out: (1) the learning motivation to sew gowns among students who did not
use learning video, (2) the learning motivation to sew gowns among students who used learning video, (3)
the effect of learning video on the learning motivation to sew gowns.
This was a pre-experimental study. The research design was the one-group pretest-posttest design.
The population comprised 38 students and the sample consisted of 30 students. The sampling technique
was the simple random sampling technique. The data were collected by a questionnaire. The instrument
validity was assessed by expert judgment. The instrument was tried out and the results were calculated
using the product moment correlation formula. The instrument reliability was assessed by the test-retest
technique with Cronbach’s alpha formula. The data were analyzed using the quantitative descriptive
inferential techniques. The hypothesis testing used the paired t-test.
The results of the study showed that: (1) the mean of the motivation of the students who did not use
learning video indicating low motivation; (2) the mean of the motivation of the students who use d learning
video indicating very high motivation; (3) there was an effect of learning video on the learning motivation
to sew gowns among.. This indicated that learning video media had an effect on the learning motivation to
sew gowns.
Keywords: Learning Video, Motivation, Gowns
Full Text:
PDFReferences
A. Suhaenah Suparno. (2001). Membangun
Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral.
Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan Nasional
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2011).
Media Pembelajaran Manual dan
Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Dary anto. ( 2010). Media Pembelajaran
Peranannya Sangat Penting Dalam
Mencapai Tujaun Pembelajaran.
Yogy akarta: Gava Media.
E. Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional
Mencipatakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran
perspektif Guru dan Siswa. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya Offse.
Nana Sudjana & Ahmad Rivai. ( 2011). Media
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algensind
Jurnal Pendidikan Teknik Busana Tahun 2017 8
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran
Berbasis Komputer Mengembangkan
Profesionalisme Guru Abad 21.
Bandung: Alfabeta
Sardiman, A.M. (2006). Interaksi & Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Raja
Grafindo Persada
Sumiati &Asra. (2009). Metode Pembelajaran.
Bandung: CV Wacana Prima
Zainal Aqib. (2014). Model-model, media dan
strategi pembelajaran Kontekstual
(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i6.10324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1