KEMAMPUAN MEMILIH POLA MOTIF HIAS UNTUK BENDA FUNGSIONAL PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS KAIN DI SMK NEGERI 1 PANDAK

Anggita Suryaningrum, Enny Zuhni Khayati, M.Kes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran: 1) tingkat pengetahuan siswa terhadap pemilihan pola
motif  hias untuk  benda  fungsional  yang  berupa  alas meja,  2)  kinerja  memindahkan  motif  hias  pada  lokasi  yang
akan dihias.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Tempat penelitian di SMK
Negeri  1  Pandak  Bantul  pada  bulan  Juni  2017.  Subyek  penelitian  adalah  siswa  jurusan  Tata  Busana   kelas  XI
sebanyak  40  siswa.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  angket  dan  tes  unjuk  kerja.  Pembuktian  validitas
menggunakan  rumus  korelasi  product  moment,  sedangkan  reliabilitasnya  menggunakan  rumus  Alpha  Cronbach.
Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1)pengetahuan
pola motif ragam hias pada siswa tata busana memiliki nilai mean sebesar 76,20; median sebesar 76,00; dan standar
deviasi  sebesar  sebesar  7,73   berada  pada  kategori  tinggi  yaitu  sebesar  55%  (>50%  siswa  telah  mencapai  nilai
KKM serta telah kompeten dalam memahami materi) dan 2) kinerja memindahan motif hias pada lokasi yang akan
dihias ketrampilan memilih pola motif hias memiliki nilai mean sebesar 70,63; median sebesar 75,00; dan standar
deviasi  sebesar  19,519  pada  benda  fungsional  yang  berupa  alas  meja  berada  pada  kategori  tinggi  yaitu  sebesar
70%(>50% siswa mampu mencapai nilai KKM serta mampu menerapkan motif sesuai lokasi secara proporsional).
Kata kunci: Pengetahuan, Ketrampilan, Memilih Pola Motif Hias

This study aims to describe: 1) students knowledge of the selection of decorative motif pattern for
a fungctionalk object, namely a table cloth, and 2) results of performance of moving decorative motifs to
the location to be decorated. This was a descriptive study using the survey approach. The research setting
was SMK Negeri 1 PandakBantul and the study was conducted in June 2017. The research subjects were
grade XI studenrs of the fashion.desaign department with a total 40 students. The data were  collected by
a questionnaire and a performance test. The validitry was assessed by the product moment correlation
formula and the reliability by Alpha Cronbach formula. The data analysis technique was the descriptive
statistical analysis technique. The results of the study are as follows: 1) the knowledge of decorative motif
patterns  of  the  Fashion  Design  students  is  indicated  by  a  mean  of  76,20;  a  ;  median  of  76,00;  and
standard deviationof 7,73 those in the high category are 55% (>50% of the students have attained the
minimum mastery criterion and have been competent in understanding the material) and 2) the results of
the performance of moving decorative motifs to the location to be decorative and the skill in selecting
decorative motif patterns for a functional object, namely a table cloth, are indicated by a mean of 70,63;
a median fot 75,00; and a standard deviation of 19,519 those in the high category are 70%(>50% of the
srtudents  have  attained  the  minimum  mastery  criterion  and  have  been  able  to  apply  the  motifs  on  the
location proportionally).
Keyword: Knowledge, Skill, Selecting Decorative Motif Patterns

 


Full Text:

PDF

References


Arif Marwanto (2008). Kesesuaian Pola

Mengajar Guru SMK di DIY dengan

Tuntutan Pembelajaran Dalam Penerapan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP). Laporan Penelitian. JPTK-UNY

Arikunto, Suharsimi, (2006), Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan, Jakarta:PT Bumi

Aksara

Busana74. (2011). Pola Hiasan Busana. Diakses

dari http://busana74.blogspot .co.id

/2011/03/pola-hiasan-busana_15.html. pada

tanggal 23 Februari 2017, Jam 19.05 WIB.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah

Kejuruan. (2012). Garis-garis Besar

Program Pembinaan Sekolah Menengah

Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan

SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan

Menengah, Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah,

(2002), Sejarah Pendidikan Teknik Dan

Kejuruan Di Indonesia, Jakarta: Direktorat

Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal

Pendidikan Menengah, Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Emy Budiatuti & Kapti Asiatun (2007). Kualitas

Acasia Nilotica L (Daun Oncit) sebagai

Pewarna Kain Sutera. Laporan Penelitian.

JPTK-UNY

Ernawati, (2008), Tata Busana Jilid 3, Jakarta:

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah

Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen

Pendidikan Dasar dan Menengah,

Departemen Pendidikan Nasional

Hestiworo, (2013), Dasar Desain 1, Jakarta:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Jadmika, Wisnu. (2013). Motif Batik. Diakses

dari https://wisnujadmika.files.

wordpress.com/2013/02/motif-batik-2.jpg.

pada tanggal 23 Februari 2017, Jam 19.00

WIB.

Mardapi, Djemari, (2008), Teknik Penyusunan

Instrumen Tes Dan Nontes.

Jogjakarta:Mitra Cendekia

Nana Sudjana, (2013), Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Oemar Hamalik. (2007). Dasar-Dasar

Pengembangan Kurikulum. Bandung:PT

Remaja Rosdakarya

Purwanto, (2008), Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Putut Hargiyanto (2010). Kesesuaian Materi

Kegiatan Industri Mitra Dengan

Kompetensi Keahlian Pada Program

Praktik Industri Mahasiswa Jurdiknik

Mesin Fakultas Teknik UNY. Laporan

Penelitian. JPTK-UNY

Sugiyono, (2007), Statistika Untuk Penelitian.

Bandung:Alfabeta

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif,

kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sukardi, H.M, (2008), Evaluasi Pendidikan,

Jakarta:PT Bumi Aksara

Toeti Soekamto &Udin Saripudin Winataputra.

(1997). Teori Belajar dan Model-Model

Kemampuan Memilih Pola Motif Hias... (Anggita Suryaningrum) 11

Pembelajaran. Jakarta:PAU-PPAI

Universitas Terbuka

Widjiningsih, (1982), Desain Hiasan Busana dan

Lenan Rumah Tangga, Yogyakarta: Institut

Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i6.10323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1