PENERAPAN METODE LEARNING CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENERAPAN PRINSIP DESAIN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

Whulan Nawangsari, Sri Widarwati, M.Pd

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  (1)  pelaksanaan  pembelajaran  penerapan
prinsip desain dengan metode Learning Contract di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur,   (2)
peningkatan kompetensi penerapan prinsip desain dengan metode Learning Contract di SMK
Muhammadiyah  1  Borobudur.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).
Tahapan  penelitian  terdiri  dari  tiga  tahapan,  yaitu  :  (1)  Perencanaan,  (2)  tindakan  dan
observasi, (3)  refleksi. Teknik analisis data menggunakan analis is deskriptif. Hasil penelitian
ini adalah : (1)  pelaksanaan pembelajaran menggunakan 2 siklus dan    melalui beberapa tahap
yaitu : 1) Pendahuluan terdiri dari ; (a) salam dan doa, (b) apersepsi, (c) menjelaskan metode
Learning  Contract,  2)  Kegiatan  inti;  (a)  membagi  kelompok,  (b)  menjelaskan  materi
penerapan  prinsip desain, (c) membagi jobsheet, (d) membuat kontrak belajar, (e) membuat
desain  busana  pesta  wanita,  (f)  mengumpulkan  desain  sesuai  kontrak,  3)  Penutup  :  (a)
evaluasi,  (b)  motivasi,  (c)  salam  dan  doa,  (2)  peningkatan  kompetensi  penerapan  prinsip
desain pada pra siklus menghasilkan  rerata 67,70 atau 32,4% mencapai KKM; siklus I rerata
57,26 atau 5,9% mencapai KKM; siklus II rerata 74,5 atau 97% mencapai KKM.
Kata kunci:Learning Cotract, kompetensi penerapan prinsip desain, dasar desain

 

This  Study  aimed  to  investigate:  1)  the  implementation  of  the  learning  by  applying
design principles using the Learning Contract method at SMK Muhammadiyah 1 Borobudur;
2)  the  improvement  of  the  competency  in  applying  design  principles  using  the  Learning
Contract method at SMK Muhammadiyah 1  Borobudur. This was classroom action research
study.  The data analysis technique  in the study was the descriptive analysis technique. The
result of the study were follows: (1) The Learning Contract method was applied in 2 cycles
with  the  following  steps:  1)  opening  activities  consisting  of;(a)  greeting  and  prayer,  (2)
apperception,  and  (3)  explanation  of  the  Learning  Contract  Method;  2)main  activities
consisting  of:  (1)  grouping.  (2)  explanation  of  the  materials  of  design  principles,  (3)
distribution of job sheet, (4) lerning contract agreement, (5) makin designs of women’s, and
(6) collection of designs according to the contract; and 3) closing activities   consisting of (a)
evaluation,  (b)  motivation,  (c)  greeting  prayer.  (2)  The  competency  in  applying  design
principles  in  the  pre  cycles  was  indicated  by  a  mean  score  of  57.26  or  5.9%  attaining  the
MMC; in cycle I mean score was 67.70 or 32.4% attaining the MMC; in the cycle II mean
score was 74.5 or 97% attaining the MMC.
Keyword:  Learning  Contract,  competency  in  applying  design  principles,  design  basics


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2013). Cooperative

Learning. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Melvin Siberman. (2013). Active Learning

Strategi Pembelajaran Aktif.

Yogyakarta : Pustaka Insan Mandiri

Trianto. (2009). Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif, Progresif.

Jakarta : Kencana Prenada Media

Group.

Wina Sanjaya. (2008). Perencanaan Dan

Desain Sistem Pembelajaran.

Jakarta: Pernada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1