FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM PEMILIHAN MATA PELAJARAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI TATA BUSANA KELAS X DI MAN GODEAN YOGYAKARTA

Putri Istiqomah, Widyabakti Sabatari, M.Sn

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) minat siswa dalam memilih mata pelajaran Keterampilan
Hidup  Mandiri Tata  Busana;  (2)  faktor internal  yang  dominan  mempengaruhi  minat  siswa  dalam  memilih  mata
pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana; (3) faktor eksternal yang dominan mempengaruhi minat siswa
dalam  memilih  mata  pelajaran  Keterampilan  Hidup  Mandiri  Tata  Busana.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian
diskriptif  dengan  pendekatan  survei.  Populasi  dalam   penelitian  ini  yaitu  siswa  kelas  X  yang  mengambil  mata
pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana di MAN Godean Yogyakarta sebanyak 49 siswa dan diambil
semua  sebagai  sampel.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  angket  (kuisioner)  dan  dokumentasi.  Validitas
instrumen  menggunakan  validitas  isi  dan  validitas  konstruk.  Reliabilitas  instrumen  menggunakan  teknik  Alpha
Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan  : (1) minat siswa
termasuk  dalam  kategori  sedang  dengan  frekuensi  25  siswa  (51%)  ,  kategori  tinggi  dengan  frekuensi  8  siswa
(16%),  kategori  rendah  dengan  frekuensi  13  siswa (27%),  dan  kategori  sangat  rendah  dengan  frekuensi 3  siswa
(6%)  dengan  skor  rerata  101,3;  (2)  Faktor  internal  yang  mempengaruhi  minat  siswa  meliputi  perhatian,
keingintahuan, bakat, kebutuhan, kesehatan,  motivasi ,  dan  kelelahan. Faktor internal yang dominan adalah  faktor
kebutuhan  dengan frekuensi  33 siswa (67%)  dengan skor rerata 12,12; (3) Faktor eksternal yang  mempengaruhi
minat  siswa  meliputi  lingkungan  keluarga,  lingkungan  sekolah,  dan  lingkungan  masyarakat.  Faktor  eksternal
dominan adalah faktor lingkungan sekolah dengan frekuensi 20 siswa (41%) dengan skor rerata 12,04.
Kata kunci : Minat siswa, Faktor Internal dan Faktor Eksternal

Abstract
This study aims to investigate: (1) the interest in choosing the subject of Autonomous Life Skills in Fashion
Design; (2) the dominant internal factor affecting the interest in choosing the subject of Autonomous Life Skills in
Fashion Design; and (3) the dominant external factor affecting the interest in choosing the subject of Autonomous
Life Skills in Fashion Design.  This was a descriptive study using the survey approach. The research population
comprised  Grade  X  students  taking  the  subject  of  Autonomous  Life  Skills  in  Fashion  Design  at  MAN  Godean,
Yogyakarta with a total of 49 students and all of them were selected as the sample. The data were collected by a
questionnaire  and  documentation.  The  instrument  validity  was  assessed  in terms  of  the  content  validity and  the
construct  validity.  The  instrument  reliability  was  assessed  in  term  Alpha  Cronbach  Alpha  technique.  The  data
analysis technique was the descriptive technique.  The results of the study are as follows. (1) the interest show that
it is moderate indicated by 25 students (51%), is high indicated by 8 students (16%), is low indicated by 13 students
(27%),  is  very  low  indicated  3  students  (6%)  with a  mean  score of  101,3.  (2)  The internal  factor  affecting  the
interest  such as  the  attention, curiosity, talent,    needs, healthy, motivation,  and  tired.The dominant internal factor
is  the  needs  factor,  with  a  frequency  of  33  students (67%)  with  a  mean  score of  12,12.  (3)  The  external  factor
affecting  the  interest  such  as  the  family  environmental,  school  enviromental,  and  society  environmental.  The
dominant external factor affecting the interest, is the school environmental factor,  with a frequency of  20 students
(41%) with a mean score of 12,04.
Keywords: Students’ Interest, Internal Factor, External Factor

 


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2008). Pengantar Statistik

Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Djemari Mardapi.(2012). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta :

Mitra Cendikia.

Endang Mulyaningsih. (2012). Metode Penelitian

Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung:Alfabeta.

Hurlock, Elizabeth B (1978). Perkembangan

Anak Jilid 2. (Alih bahasa: dr. Med.

Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga.

Maji Bunga Mei Wulandari. (2012). FaktorFaktor yang Mempengaruhi Minat Siswa

Laki-Laki dalam Memilih Program

Keahlian Boga di Sekolah Menengah

Kejuruan Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi.

Yogyakarta. FT UNY.

M. Dalyono, (1997). Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin Syah. (2011).Psikologi Belajar.

Jakarta: Rajawali Pers.

Nini Subini. (2012). Psikologi Pembelajaran.

Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Siti Nurmala. (2012). Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Minati Siswa kelas IX SMP

untuk Melanjutkan ke SMKN 2 Simpang

Empat Kompetensi Keahlian Perawat

Kesehatan Kabupaten Tanah Bambu.JPTK

Vol. 21 No 1. Tanah Bambu: SMK N 2

Simpang Empat.

Slameto. (1987). Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D). Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Wahana Komputer. (2009). Pengolahan Data

Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta:

Salemba Infotek.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1