PEVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Septika Rizki Mawarni

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pengetahuan bahan tekstil di SMK
Negeri 3 Klaten yang difokuskan pada ; 1) context meliputi kesesuaian materi dengan kurikulum 2013, 2) input
meliputi kesiapan guru dan siswa serta sarana dan prasarana dalam pelaksanaan pembelajaran, 3) process meliputi
pelaksanaan pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti dan penutup, 4) product meliputi pencapaian hasil belajar
siswa yang dilihat dari aspek afektif, kognitif dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan
menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Penelitian evaluasi ini dilakukan pada
pembelajaran pengetahuan bahan tekstil kelas X busana butik di SMK Negeri 3 Klaten, pada semester 2 tahuan
akademik 2016/2017 dengan subyek penelitian guru dan siswa.Pengumpulan data menggunakan metode observasi,
angket, dokumen hasil dan wawancara.validitas instrumen dibuktikan dengan validitas kunstruk dan reliabilitas
instrumen menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan data reliabel dengan nilai alpha 0,930. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) context meliputi
materi pembelajaran pengetahuan bahan tekstil yang diajarkan dan tujuan pembelajaran telah sesuai dengan
kurikulum 2013 SMK, 2) input meliputi kesiapan guru dan siswa sudah sangat baik serta sarana yang digunakan
sudah sangat memadai, 3) process meliputi pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik
meskipun masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran. 4) product meliputi pencapaian hasil belajar siswa
yang ditinjau dari aspek afekti, kognitif dan psikomotorik sudah mencapai KKM.
Kata kunci: evaluasi, pelaksanaan pembelajaran, pengetahuan bahan tekstil
Abstract
This study aimed to evaluate the implementation of textile materials knowledge learning at SMK Negeri 3
Klaten focused on: 1) context, comprising the relevance of the materials to Curriculum 2013; 2) input, comprising
teachers and students’ readiness and infrastructure facilities for the learning implementation; 3) process,
comprising the learning implementation from the opening, main activities, to closing; and 4) product, comprising
the students’ attainment of learning outcomes from the affective, cognitive, and psychomotor aspects.
This was an evaluation study using the CIPP model developed by Stufflebeam. This was evaluation study was
conducted in textile materials knowledge learning in Grade X of Boutique Clothing at SMK Negeri 3 Klaten in
semester 2 of the 2016/2017 academic year. The data were collected by means of observations, result documents,
and interviews. The instrument validity was assessed in terms of the construct validity and the instrument reliability
was assessed by Cronbach’s Alpha showing that the data were reliable with an alpha coefficient of 0.930. The data
analysis technique was the quantitative descriptive technique. The results of the study were as follows. 1) The
context included the learning materials for textile materials knowledge to be taught and the learning objectives
which were relevant to Curriculum 2013 for VHS. 2) The input included teachers and students’ readiness which
was very good and the infrastructure facilities which were very adequate. 3) The process included the
implementation of learning activities which were good although the use of learning media was still limited. 4) The
product included the students’ attainment of learning outcomes which were good in terms of the affective,
cognitive, and psychomotor aspects which satisfied the minimum mastery criterion.
Keywords: evaluation, learning implementation, textile materials knowledge


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem

Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum

Bandung: PT, Refika Aditama

Dwi sapitri iriani. (2015) Evaluasi Pelaksanaan

Praktik Kerja Industry Siswa Kompetensi

Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo:

Universitas Negeri Yogyakarta : JPTK:

Volume 22

Dwianti puspitas sari. (2012). Evaluasi

Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan

Memasak Disekolah Menengah Atas

(SMA) N 11 Yogyakarta:

yogyakarta.fakultas teknik universitas

negeri Yogyakarta

Luthfi Riyadh rahman. (2014). Evaluasi

Pelaksanaan Food Center Dalam

Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Siswa

SMK N 1 Sewon: yogyakarta.fakultas

teknik universitas negeri Yogyakarta.

Nisa, Buri. (15 januari 2015) Modul I mata kuliah

pengetahuan tekstil. Diakses pada tanggal

juli 2017 dari

http://www.academia.edu/5302580/FILE_

_MODUL_I_MATA_KULIAH_PENG

ETAHUAN_TEKSTIL

Paryanto. (2008). Evaluasi Pelaksanaan Praktik

Permesinan Mahasiswa D3 Teknik Mesin

UNY. Universitas negeri Yogyakarta:

JPTK : Volume 17

Uno, Hamzah (10 juli 2017). Perancanaan

Pembelajaran. Diakses pada tanggal 15

mei 2017 dari

http://zahfizahroturrofiah.blogspot.co.id/2

/07/resum-buku-perencanaanpembelajaran-

dr.html




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i4.10261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1