PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS LECTORA TERHADAP HASIL BELAJAR PERBAIKAN KERUSAKAN MESIN JAHIT SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 KLATEN

Dewi Uswatun Khasanah, Dr. Emy Budiastuti

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran visual berbasis Lectora. 2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran visual berbasis Lectora. 3) Membuktikan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran visual berbasis Lectora terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar perbaikan kerusakan mesin jahit kelas X di SMK Negeri 3 Klaten. Desain Penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan model penelitian Nonequivalent Pretest-Postest Control Grup Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X busana sejumlah 34 siswa yang dipilih dengan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan validitas isi meminta pendapat para ahli. Reliabilitas menggunakan pengujian Kuder-Richardson 20 (KR-20). Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar perbaikan kerusakan mesin jahit sebelum menggunakan media pada kelompok kontrol dari 17 siswa, yang termasuk katagori belum tuntas sebanyak 15 siswa (88%), sedangkan kelompok eksperimen dari 17 siswa, yang termasuk katagori belum tuntas sebanyak 16 siswa (94,11%). 2) Hasil belajar perbaikan kerusakan mesin jahit setelah menggunakan media pada kelompok kontrol dari 17 siswa, yang termasuk katagori belum tuntas sebanyak 9 siswa (53%), sedangkan eksperimen dari 17 siswa, yang tuntas sebanyak 17 siswa (100%). 3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran visual berbasis Lectora terhadap hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Lectora dengan nilai probabilitas (Sig.) 0.00<0,05 Kata Kunci: Media Pembelajaran Visual Berbasis Lectora, Hasil Belajar. Abstract This research aims to: 1) Determine student learning outcomes before using visual-based learning media lectora. 2) Determine student learning outcomes after using visual-based learning media lectora. 3) Prove the influence visual-based learning media use lectora against student learning outcomes in basic competency repair the damage of sewing machines class X in SMK Negeri 3 Klaten. The design of this research is Quasi Eksperimental Design model research Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. The research sample was grade X fashion amounted to 34 students are selected with Simple Random Sampling. Data collection method using tests and documentation. The validity of the instrument using the validity of invalid constructs using the correlation of Pearson product moment, and the validity of the content by requesting the opinions of experts. Reliability testing using Kuder-Richardson 20 (KR-20). Data analysis using the test of normality, test its homogeneity, and different test. The results showed that: 1) The learning outcomes repair the damage of sewing machines before using the media on the control group of 17 students including categories not standard as many as 15 students (88%), The experimental group of 17 students, including a requirement that is not a standard as much as 16 students (94,11%). 2) The learning outcomes repair the damage of sewing machines after using media on the control group of 17 students, including categories not standard as many as 9 students (53%). The experimental group of 17 students, including a requirement that is not a standard as much as 17 students (100%). 3) There is an effect of using visual-based learning media lectora in student learning results between experimental group with a control group after learning using media Lectora with the value of the probality (Sig.) 0,00<0,05. Keyword: Media Visual Lectora Based Learning, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Dwi Siswoyo dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Galih Pranowo. (2011). Kreasi Animasi Interaktif dengan ActionScript 3.0 Pada Flash CS5. Yogyakarta: Andi. Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia. Muhammad Mas’ud. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Bantul: Pustaka Shonif. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukoco dkk. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. JPTK.Yogyakarta:FT.UNY Suyitno. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. JPTK. Yogyakarta:FT. UNY

Imam Mustholiq MS,dkk. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Dasar Listrik. JPTK. Yogyakarta:FT. UNY




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i4.10260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1