PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PENGASIH

Tirta Ariyani, Sri Emy Yuli Suprihatin, M,Si

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille tanpa
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. (2) mengetahui
pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada
siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. (3) membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD
terhadap pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. Metode penelitian
ini adalah Pre-Experimental dengan desain post-test-only with nonequivalent groups. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X Tata Busana. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Pengumpulan
data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi untuk
instrumen non-tes dan validitas konstruk untuk instrumen tes. Reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan
antar rater untuk instrumen non-tes dan menggunakan rumus alpha cronbach untuk instrumen tes. Analisis data
menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1)
Pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD pada siswa kelas X SMK N 1 Pengasih sebesar 67,9% (19 siswa) telah mencapai KKM. (2) Pencapaian
kompetensi pembuatan saku passepoille yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa
kelas X SMK N 1 Pengasih sebesar 100% siswa telah mencapai KKM. (3) Ada pengaruh penerapan model
pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille di SMK Negeri
1 Pengasih, dilihat dari hasil penghitungan dengan uji-t diperoleh t
hitung
>t
(5,635>2,00488) dengan nilai P<0,05
(0,000<0,05).

Kata Kunci: STAD, Pencapaian Kompetensi, Saku Passepoille
tabel

 

THE EFFECT OF THE COOPERATIVE LEARNING MODEL OF THE STUDENT TEAMS
ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TYPE ON THE ATTAINMENT OF THE PASSEPOILLE POCKET
MAKING COMPETENCY AMONG GRADE X STUDENTS OF SMK NEGERI 1 PENGASIH
This study aimed to: (1) find out the attainment of the passepoille pocket making competency without
applying the cooperative learning model of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) type among Grade X
students of SMKN 1 Pengasih, (2) find out the attainment of the passepoille pocket making competency by applying
the cooperative learning model of the STAD type among them, and (3) prove that there was an effect of the
cooperative learning model of the STAD type on them. This was a pre-experimental study using the post-test-only
with nonequivalent groups design. The research population comprised all Grade X students of Fashion Design.
The sample was selected by means of the simple random sampling technique. The data were collected by test and
non-test instruments. The instrument validity was assessed in terms of the content validity for the non-test
instrument and the construct validity for the test instrument. The instrument reliability was assessed by inter-rater
of agreement for the non-test instrument and using cronbach's Alpha for the test instrument. The data were
analyzed by descriptive statistics. The hypothesis testing used the t-test. The results of the study were as follows. (1)
Regarding the attainment of the passepoille pocket making competency without applying the cooperative learning
model of the STAD type among Grade X students of SMKN 1 Pengasih, 67,9% (19 students) attained the minimum
mastery criterion (MMC) (2) Regarding their attainment of the passepoille pocket making competency by applying
the cooperative learning model of the STAD type, 100% of the students attained the MMC. (3) There is effect of the
cooperative learning model of the STAD type on the attainment of the passepoille pocket making competency
among grade X students of SMK Negeri 1 Pengasih, this was indicated by the result of the t-test showing t

(5,635>2,00488) with p-value<0.05 (0.000<0.05)

Keywords: STAD, Competency Attainment, Passepoille Pocket

 

 


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Eveline Siregar & Hartini Nara. (2011). Teori

belajar dan pembelajaran. Bogor : Penerbit

Ghalia Indonesia

Creswell, John W. (2014). Research Design

Qualitative Quantitative and Mixed

Methods Approaches . London: SAGE

Grinnel, Jr. & Richard, M. (1988). Social Work

Research and Evaluation. Third Edition.

Illionis: F.E. Peacock Publisher.

Ika Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar

Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia

Permata

Jamil Suprihatiningrum. (2014). Strategi

Pengaruh Model Pembelajaran.... (Tirta Ariyani) 10

Pembelajaran “Teori dan Aplikasi”.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Miftahul Huda. (2011). Cooperative Learning.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nana Sudjana. (1989). Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja

Rosdakarya

Santi Utami. (2015). Peningkatan Hasil Belajar

Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe

STAD Pada Pembelajaran Dasar Sinyal

Video. Jurnal Penelitian Teknologi dan

Kejuruan. vol. 22, no 4, hlm 424-431

Umi Rochayati, Djoko Santoso, Muhammad

Munir. (2014). Model Pembelajaran

Learning Cycle Kooperatif Tipe STAD

untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan

Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan. vol. 22, no. 1,

hlm. 109-118




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i3.10253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1