UPAYA MENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN MACAM-MACAM BELAHAN BERBANTUANMACROMEDIA FLASH DI SMK TATA BUSANA YOGYAKARTA

Uswatun Hasanah, Dr. Widjiningsih widjiningsih

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keterlaksanaan pembelajaran pembuatan macam-macam belahan.2)
Penguasaan materi pada kompetensi pembuatan macam-macam belahan. 3) Peningkatan kompetensi pembuatan
macam-macam belahan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi
pelaksanaan pembelajaran,tes evaluasi,tes unjuk kerja dan angket pendapat siswa. Uji validitas instrumen penelitian
dengan meminta pertimbangan ahli (expert judgements). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
deskripsif.Hasil penelitian ini adalah 1) Keterlaksanaan pembelajaran pembuatan macam-macam belahan dapat
terlaksana dengan kategori sangat baik yaitu 84.03 % pada siklus 1 dan 94.44 % pada siklus II. 2) Media Macromedia
Flash dapat meningkatkan penguasaan materi dibuktikan hasil penelitian siklus I 55.56% (20 siswa) tuntas dan pada
siklus II 100% (36 siswa) tuntas. 3) Terdapat peningkatan hasil kompetensi pembuatan macam-macam belahan pada
siswa yaitu pada pra siklus dengan rata-rata 67.67 dengan 11,12% (4 siswa) yang tuntas dan 88,9% (32 siswa) yang
belum tuntas, pada siklus I kompetensi siswa meningkat sebesar 9,27 % yaitu nilai rata-rata 74,55 yaitu 55,56% (20
siswa) nilai tuntas dan 44,44% (16 siswa) belum tuntas, Pada siklus II meningkat sebesar 9,47 % yaitu nilai rata-rata
82,35% yaitu 100% (36 siswa) sudah tuntas

Kata Kunci: peningkatan kompetensi, pembuatan macam-macam belahan, macromedia flash

 

Abstract

This study aimed to investigate: 1) the learning implementation of making a variety of openings assisted, 2) the
mastery of the materials for the competency in making a variety of openings assisted. 3) the improvement of the
competency in making a variety of openings assisted..This classroom action research study were collected data by
observing the learning implementation, administering tests,performance tests, and distributing questionnaires for
students’ opinions. The validity of the research instruments was assessed through expert judgment. The data analysis
technique was the descriptive analysis technique. The results of the study were as follows. 1) The learning of making
a variety of openings was very well implemented, namely 84.03% in Cycle I and 94.44% in Cycle II. 2) Macromedia
Flash was capable of improving the mastery of the materials for the making of a variety of openings, indicated by
the facts that 55.56% (20 students) attained the mastery in Cycle I and 100% (36 students) attained the mastery in
Cycle II. 3) There was an improvement of the competency in making a variety of openings assisted of students in
Cycle I and Cycle II. In the pre-cycle the mean score was 67.67, 11.12% (4 students) attained the mastery, and 88.9%
(32 students) did not attain the mastery. In Cycle I their competency improved by 9.27%; the mean score was 74.55,
55.56% (20 students) attained the mastery, and 44.44% (16 students) did not attain the mastery. In Cycle II their
competency improved by 9.47%; the mean score was 82.35 and 100% (36 students) attained the mastery and fulfilled
the score for the minimum mastery criterion.

Keywords:improving competency, making a variety of openings, macromedia flash


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arief S. Sadiman dkk. (2011). Media Pendidikan

(Pengertian, Pengembangan dan

Pemanfaatannya) .Jakarta : PT Rajs grafindo

Persada

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi

Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Azhar Arsyad. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta.

Rajawali Press

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta.

Gava Media

E. Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Bandung: Rosda Karya.

Firmanila Tyastuti. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran

Membuat Kebaya Menggunakan Metode

Drill dan Practice Berbantuan Macromedia

Flash di SMK N 1 Depok: UNY

Kemmis, S. and R McTaggart.(1988). Action Research

- some ideas from The Action Research

Planner, Third edition, ed. Deakin University.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Teori,

Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Teguh Wahyono.(2006).Animasi dengan Macromedia

Flash 8. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

Tyas Putri Wardani. (2016). Pengembangan Video

Pembuatan Menjahit Macam-Macam Belahan

pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit

di SMK N 6 Yogyakarta: UNY




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i2.10243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1