PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAYANAN PRIMA PADA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 1 PANDAK

Agustina Wulan Asri, Sri Emy Yuli Suprihatin, M,Si

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1)pelaksanaan pembelajaran pelayanan prima kelas X Busana Butik
di SMK Negeri 1 Pandak. (2)pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran pelayanan prima kelas X Busana
Butik di SMK Negeri 1 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan hasil data kuantitatif dan
kualitatif. Polupasi penelitiannya yaitu semua peserta didik kelas X Busana Butik di SMK Negeri 1 Pandak.
Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X Busana Butik III yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik
pemilihan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
observasi dan angket. Pembuktian validitas isi dilakukan dengan expert judgement. Pembuktian reliabilitas
dilakukan dengan menggunakan antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan
dengan bantuan spss 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan pembelajaran pelayanan prima
ditinjau dari kegiatan pembuka terlaksana dengan baik dengan persentase 100%, (2) pelaksanaan pembelajaran
pelayanan prima ditinjau dari kegiatan inti terlaksana dengan baikdengan persentase 90%, (3) pelaksanaan
pembelajaran pelayanan prima ditinjau dari kegiatan penutup terlaksana dengan baik dengan persentase 90%, (4)pencapaian hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pelayanan prima kelas X di SMK Negeri 1 Pandak
masih rendah dan belum maksimal yakni sebanyak 50% peserta belum tuntas dari nilai KKM yang telah
ditentukan.
Kata Kunci: pelaksanaan pembelajaran, KTSP, pelayanan prima

 

Abstract
This study aims to describe: (1) the implementation of prime services learning in Grade X of SMK Negeri 1
Pandak, and (2) the achievement of the prime services subject of Grade X students of SMK Negeri 1 Pandak. This
was a descriptive study and the results were quantitative and qualitative data. The research population comprised
all Grade X students of Boutique Clothing of SMK Negeri 1 Pandak. The sample consisted of 21 students of Grade
X of Boutique Clothing III. The sample was selected by means of the purposive sampling technique. The data were
collected by an observation sheet and a questionnaire. The content validity was assessed by expert judgment. The
reliability was assessed by the inter-rater technique. The data analysis technique was the quantitative descriptive
technique using SPSS 16.0. The results of the study show that: (1) prime services learning in terms of the opening
activities has been well implemented by 100%, (2) prime services learning in terms of the main activities has been
well implemented by 94%, (3) prime services learning in terms of the closing activities has been well implemented
by 93%, and (4) the achievement of the prime services subject of Grade X students of SMK Negeri 1 Pandak is still
low and has not been maximal; 50% of them have not attained the mastery or the score of the minimum mastery
criterion (MMC).
Keywords: learning implementation, School-Based Curriculum, prime service


Full Text:

PDF

References


E. Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan : Kemandirian

Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta. Bumi

Aksara

E. Mulyasa. (2012). Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya

Ernawati,dkk. (2008). Tata busana jilid 1.

Jakarta: Direktorat pembinaan sekolah

menengah kejuruan.

Eveline Siregar & Hartini Nara. (2011). Teori

belajar dan pembelajaran. Bogor : Penerbit

Ghalia Indonesia

Jamil Suprihatiningrum. (2014).Strategi

Pembelajaran : Teori & Aplikasi.

Jogjakarta. AR-RUZZ MEDIA

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian

untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.

Bandung. Alfabeta

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran.

Jakarta. Rajagrafindo Persada

Sugihartono,dkk. (2012). Psikologi pendidikan.

Yogyakarta : UNY Press




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i1.10234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1