PERSEPSI dan PERILAKU REMAJA TERHADAP MAKANAN TRADISIONAL DAN MAKANAN MODERN

Galuh Putri Hardikna Sempati, Dr. Badraningsih Lastariwati

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi dan perilaku remaja terhadap makanan
tradisional dan makanan modern. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metodedeskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil perbandingan remaja di KelurahanMantrijeron lebih memiliki persepsi baik terhadap makanan modern dibandingkan makanantradisional, karena persepsi remaja terhadap makanan tradisional mendapatkan hasil 86remaja masuk kedalamnya, sedangkan pada point persepsi terhadap makanan modernmendapatkan hasil 172 remaja masuk didalamnya. (2) Hasil perbandingan perilaku remaja diKelurahan Mantrijeron lebih memiliki perilaku remaja yang condong memilih makanan
modern, hal ini dikarenakan jumlah remaja yang lebih condong memilih makanan tradisional
mendapatkan hasil 110 remaja masuk kedalamnya, sedangkan pada point perilakuremajaterhadap makanan modern mendapatkan hasil 148 remaja masuk didalamnya.

Kata kunci :Persepsi Remaja, Perilaku Konsumen, Makanan Tradisional, Makanan Modern
 

The purpose of this research that is know the perception of teenagers to traditional food and
modern food. The research is research survey with descriptive of quantitative methods.The
result of this research is 1 ) The comparison on a teenager at the Mantrijeron more have the
good against of modern food than traditional foods , because the perception of teenagers to
food traditional get the result 86 teenagers burn , while in point perceptions of modern food
get the result 172 teenagers in it. 2 ) The results of comparison behavior on a teenager at
theMantrijeron had more behavior teens who tend to choose of modern food , it is due to the
amount of teenager 's more tend to choose food traditionally get the result 110 teenagers in
its entrance , while in point teenagers against behavior of modern food from getting to the
contributions of 148 teenager enter therein

Key word: Perception of teenagers,behavior of consumen, traditional foods, modern food.
 


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2011). Pengantar

Evaluasi Pendidikan. PT. Raja

Grafindo Persada. Jakarta.

Endang Mulyatiningsih,(2013).Metodologi

Penelitian Terapan Bidang

Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Glanz, Karen, Barbara. K.R., Frances,

(2013). Health Behavior & Health

Education Theory,Research, &

Practise. San Fransisco: Jossey

Bass.

Graves, Philip. (2015). Consumer.ology:

Mitos Riset Pasar, Kebenaran

tentang Konsumen, dan Psikologi

Berbelanja. Terj. Dharma. Jakarta:

Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip dan Keller, (2008). Prinsip-

Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi

,Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. (2005). Manajamen

Pemasaran,Jilid 1 dan 2. Jakarta:

PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kuroifah, Mita. (2014).“ Pengaruh Daya

Tarik Iklan Makanan Instant di

Televisi Terhadap Perilaku

Konsumsi Makanan Pada

persepsi dan perilaku remaja…. (Galuh Putri Hardikna Sempati)9

Mahasiswa Kos Program Studi

Pendidikan Teknik Boga FT UNY”.

Skripsi. Yogyakarta: Fakultas

Teknik Universitas Negeri

Yogyakarta

Mufidah,Fatchul.2012. Cermati Penyakit-

Penyakit yang rentan Diderita

Anak Usia Sekolah. Yogyakarta

:FlashBooks.

Sugiyono, (2005). Metode Penelitian

Bisnis,CV Alfabeta, Bandung.

Sulistijani.D. A. (2002). Sehat dengan

Menu Berserat. Jakarta:Trubus

Agriwidya.

Walgito, B. (2002). Pengantar Psikologi

Umum. Ed. 3. Yogyakarta: Adi

Yamin, Regina. (2013).“ Persepsi Nilai,

Persepsi Kualitas, dan Citra

Terhadap Kepuasan Konsumen

Pada PT. Astra International

Daihatsu di Manado”. Jurnal

EMBA,Manado




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i4.8291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1