KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PENYAJIAN DAN PELAYANAN MAKANAN DI RUMAH SAKIT CONDONG CATUR

Ria Resti Anggraini, Titin Hera Widi Handayani, M.Pd

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap
penyajian makanan di Rumah Sakit Condong Catur. (2) tingkat kepuasan pasien rawat inap
terhadap pelayanan makanan di Rumah Sakit Condong Catur. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 140 pasien rawat inap Rumah Sakit Condong
Catur dalam seminggu. Sampel ditentukan dengan teknik Insidental Sampling kemudian dihitung
menggunakan rumus Issac dan Michael, sehingga didapat 100 pasien rawat inap. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis Tingkat
Kesesuaian. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap
penyajian mempunyai nilai rata-rata harapan lebih besar dari nilai rata-rata kenyataan yaitu
3.48>3,29 dengan tingkat kesesuaian 95.03%, dapat disimpulkan bahwa pasien Rumah Sakit
Condong Catur belum puas, 2) tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan mempunyai
nilai rata-rata harapan lebih besar dari nilai rata-rata kenyataan yaitu 3.57>3.28 dengan tingkat
kesesuaian 92.22%, dapat disimpulkan bahwa pasien Rumah Sakit Condong Catur belum puas.
Kata Kunci: kepuasan, pasien rawat inap, penyajian, pelayanan, rumah sakit

Level of Satisfaction Inpatients to Presentation and Services the Food Served in the Condong
Catur Hospital

ABSTRACT
The purpose of this research was to determine (1) Level of satisfaction inpatiens to presentation of
food in the Condong Catur Hospital (2) Level of satisfaction inpatiens to services food in the Condong
Catur Hospital. This research was a descriptive research using quantitative approach. Population research
were 140 inpatients the Condong Catur Hospital in a week.. The sample ware done by incidental sampling
then calculated using formulas Issac and Michael,until they reached 100 inpatients. Data collected were
kuesioner. Data analysis was performed by analysis of the level of suitability . Results show that:1) level of
satisfaction inpatients with presentation of it has value the average hope greater than the average the fact
that is 3.48>3.29 from analysis the level of 95.03%, and it can be concluded that inpatients the Condong
Catur Hospital has not satisfied, 2) level of satisfaction inpatients with services of it has value the average
hope greater than the average the fact that is 3.57>3.28 from analysis the level of 92.22 %, and it can be
concluded that inpatients the Condong Catur Hospital has not satisfied.

Keyword: satisfaction, inpatients, presentation, service, hospital


References


Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan

Bidang Pendidikan & Teknik.

Yogyakarta:Uny Press

Fais Satrianegara. (2014). Organisasi dan

Manajemen Pelayanan Kesehatan.

Jakarta: Salemba Medika

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Pedoman

PGRS Pelayanan Gizi Rumah Sakit.

Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Diakses dari

https://www.google.co.id/search?q=gizi

+rumah+sakit+buku&biw=1360&bih=6

&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa

=X&ved=0ahUKEwjbwYLv6ozKAhV

XCY4KHalnCxgQsAQIKQ#imgrc=iab

kjzDp4gy-zM%3A

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2008).

Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Yogyakarta: Erlangga

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Bina Aksara

Suharsimi Arikunto. (2014). Prosedur

Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Bina

Aksara

Sunita Almatsier. (2004). Penuntun Diet.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat

Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan

Pangsa Pasar, Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i2.7285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1