PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATA PELAJARAN SANITASI, HYGIENE, DAN KESELAMATAN KERJA SMKN 1 SEWON

Sayyidah Fatimah, Dr. Ir. Sugiyono, M.Kes Sugiyono

Abstract


Penelitian pengembangan media pembelajaran animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan
kerja, bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk media pembelajaran dalam bentuk animasi pada mata pelajaran
sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja, (2) mengetahui kelayakan pengembangan produk media pembelajaran
dalam bentuk animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja di SMKN 1 Sewon. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dilaksanakan pada 23 November 2016 sampai dengan
2 Mei 2017 di SMKN 1 Sewon. Subjek penelitian ini adalah dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru mata
pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja, dan 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, studi literature, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan teknik analisis
statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) proses pengembangan produk media pembelajaran
dalam bentuk animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja ini melalui tiga tahap yaitu : tahap
define (pendefinisian), tahap design (model), tahap develop (pengembangan). (2) kelayakan pengembangan produk
media pembelajaran dalam bentuk animasi pada mata pelajaran  sanitasi, dinyatakan layak oleh 81 siswa berdasarkan
kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknik siswa 88,89% sangat layak dan 11,11% layak.
Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, animasi, produk media pembelajaran dalam bentuk animasi,
sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja.

 

Animated learning media development research on subjects of sanitation, hygiene, and safety, aims to: (1)
develop a learning media products in the form of animated on the subjects of sanitation, hygiene, and safety
, (2) find out the feasibility of the development of learning media products in the form of animated on the
subjects of sanitation, hygiene, and safety in  SMKN 1 Sewon. This research is research development
(R&D). This research was carried out on November 23, 2016 until 2017 on May 2 in SMKN 1 Sewon. The
subject of this research is the material expert lecturers, professors and media expert teachers of subjects
of sanitation, hygiene, and safety, and 81 students. Data collection techniques using observation,
interviews, literature studies, question form and documentation. Technical analysis is done using
descriptive statistical analysis techniques. The research results obtained are: (1) instructional media
product development process in the form of animated on the subjects of sanitation, hygiene, and safety
through three phases namely: phase define (definition), stage design (model), develop phase (development).
(2) the feasibility of the development of learning media products in the form of animated subjects, otherwise
decent sanitation by 81 students based on the quality of the content and objectives, instructional quality,
and quality engineering students 88.89% 11.11% viable and very decent.
Key words: development, learning, media, animation, learning media products in the form of animation,
sanitation, hygiene, and safety.


Full Text:

PDF

References


Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Non Tes. Jogyakarta :

Mitra Cendikia Press.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media.

Ke, F., Lin, H., Ching, Y., Dwyer, F.(2006).

“Effects of Animation on Multi-Level

Learning Outcomes for Learners with

Different Characteristics: A MetaAnalytic

Assessment and Interpretation”. Journal of

Visual Literacy, Spring 2006 volume 26,

number 1, pp.15-40

Pengembangan Media Pembelajaran… (Sayyidah Fatimah) 10

pembelajaran yang diberikan guru dalam

proses pembelajaran.

b. Siswa disarankan dapat menggunakan media

pembelajaran yang telah diberikan oleh guru

sehingga dapat belajar secara mandiri.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D). Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, S. D & Semmel, l. M.

(1974) Instructional development for training

teachers of exceptional children.

Minneapolis Minnesot

Tri Cipto Tunggul Wardoyo (2015).

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis

Video Animasi pada Mata Pelajaran

Mekanika Teknik di SMK Negeri 1

Purworejo. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta:

Lembaga Penelitian Universitas Negeri

Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i1.11541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1