PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PIRAMIDA QUESTION PADA MATERI ZAT GIZI UNTUK PELAJARAN ILMU GIZI DIKELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL

Khoirun Nisaa Ulil Baroroh, Fitri Rahmawati, M.P

Abstract


Penelitian ini bertuj

 

uan untuk Mengembangkan media Game Edukasi Piramida Question dan Mengetahui
kelayakan Game Edukasi Piramida Question  pada materi Zat gizi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
pengembangan Research and Development (R&D). Tahapan penelitian  pengembangan di mulai bulan Januari 2015
sampai bulan September 2017. Model  penelitian dan pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu define,
design, develop dan disseminate. Game Edukasi Piramida Question memperoleh penilaian kelayakan  dari ahli media
sebesar 97,6% dengan kategori sangat layak selanjutnya penilaian dari ahli materi sebesar 83,3% dengan kategori
sangat layak,  Game Edukasi Piramida Question  dilakukan pengujian ke siswa dengan hasil 83,16% termasuk
kategori penilaian sangat layak, Penyebaran Media Pembelajaran Game Edukasi Piramida Question  di
http://www.kongregate.com/games/q2w3e4r5/piramida-question.

 Kata kunci : Game Edukasi Piramida Quetion, Pengembangan, kelayakan

This study aims to develop the Game Education Pyramid Question and to find out the feasibility of
the Game material. This research use Research and Development (R & D) method. The research development phase
began in January 2015 to September 2017. The 4D research and development model consists of 4 main stages:
define, design, develop and disseminate. Educational Game Pyramid Question obtained a feasibility assessment from
a media expert of 97.6% with very feasible category then assessment of material experts of 83.3% with very feasible
category, feasibility Game Pyramid Question Education done testing to students with 83.16% category assessment
is very feasible, Spreading Media Learning Game Pyramid Question with uploaded on the
http://www.kongregate.com/games/q2w3e4r5/piramida-question.
Keywords: Educational Game Pyramid Quetion, Development, feasibility


Full Text:

PDF

References


Baety Nur Rahmah.2017. Pengembangan Media

Pembelajaran Game Edukasi Fun Spreadsheet

Quiz Berbasis Adobe Flash Cs 6 Pada Mata

Pelajaran Spredsheet kelas X Akuntansi SMK

Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017.

Jurnal FE UNY.

Christianti Elis Rahayu .2017. Pengembangan Game

Edukasi Berbasis Android chemistry Labyrinth

pada materi sistem periodic unsur untuk

memotivasi peserta didik. Jurnal FMIPA UNY.

Imaduddin Alamansyah .2012. efektifitas metode

mind mapping untuk meningkatkan prestasi

belajar siswa . Jurnal humanitas 9(I) hlm 6275

Imam Mustholiq Ms, Sukir dan Ariade Candra

N.2007. Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata

Kuliah Dasar listrik .No 1 dan Hlm 1-18

Immaduddin, M.Chomsi & Utomo, U.H Nur.

Efektifitas Metode Mind Mapping Untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada

Siswa Kelas VII Jurnal Humanitas. 9(I), Hlm

-75.

Sridadi.2002. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda.

Jurnal FIK UNY. Hlm.26-33

Mulyani Sumantri ,Johar Permana ,(2011). Strategi

Belajar Mengajar.Bandung: Cv Maulana.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan,

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. 2008. Panduan Evaluasi Pembelajaran.

UNY press.

Triyanto.2010. Mendesain Model Pembelajaran

Invovatif progresif. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i1.11522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1