PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMP N 11 MAGELANG

Galang Galang, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya siswa kelas VII SMP N 11 Magelang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII di  SMP N 11 Magelang tahun ajaran 2015/2016 terdiri atas 6 kelas sebanyak 132 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas VII SMP N 11 Magelang. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (62,028>3,066), nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,700. Prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan lingkungan sekolah sebesar 49,0%, sedangkan sisanya sebesar 51,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.