PROSES PEMBELAJARAN KELAS VOKAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TUMBUH HIGH SCHOOL II YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Proses Pembelajaran Kelas Vokal Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Tumbuh High School II Yogyakarta. Fokuus penelitian pada Proses Pembelajaran Kelas Vokal Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Alat bantu yang digunakan berupa pedoman wawancara, catatan lapangan, dan alat perekam audio dan visual. Analisis data dilakukan dengan tahap (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penyimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Pembelajaran Kelas Vokal Bagi Anak Berkebutuhan Khusus yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi. Pelaksanaan meliputi kegiatan pembuka yang terdiri dari (1) Apersepsi, (2) Pengecekan kemampuan siswa, (3) Penjelasan tujuan pembelajaran, (4) Penyiapan siswa menerima pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan: (1) Metode demonstrasi, (2) imitasi, dan (3) drill. Kegiatan inti meliputi prinsip: (1) Prinsip kasih sayang, dan (2) Prinsip motivasi. Pemberian materi diberikan secara bertahap dengan (1) mendengarkan, (2) membaca, dan (3) menyanyi dengan materi yang disesuaikan. Strategi pembelajaran denganĀ bermain sambil belajar yang diaplikasikan pada games. Kegiatan penutup meliputi: (1) Penguatan materi, (2) Pemberian tugas, (3) Berdoa. Evaluasi difokuskan pada artikulasi, ketepatan waktu dan intonasi. Penilaian diberikan dalam bentuk deskriptif tentang laporan kegiatan siswa dan laporan kemajuan siswa.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.