HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SOLFEGIO DENGAN KEMAMPUAN BERMAIN BIOLA SEMESTER 4 DAN 6 DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Bondhan Herywangsa, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar solfegio dengan kemampuan bermain biola mahasiswa semester 4 dan 6 Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian berupa dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus Product Moment dan Alpha Cronbach.  Teknik analisis data yang digunakan meliputi statistik deskriptif, uji normalitas, dan  pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar solfegio dan kemampuan bermain biola PIM 4 dan 6 jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta.  Hal ini dibuktikan pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai r hitung 0,723 dan r tabel 0,114 (0,723 > 0,114). Selain itu nilai pengujian hipotesis adalah 0,008 atau < 0,05. Hal ini menunjukan semakin baik prestasi belajar solfegio, semakin baik juga kemampuan bermain biola yang didapat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.