PENGGUNAAN TANGGA NADA BLUES DALAM PEMBELAJARAN PIM 3 SAXOPHONE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN IMPPROVISASI MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan improvisasi dalam pembelajaran PIM 3 Saxophone di Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mctaggart yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PIM 3 Saxophone Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah tujuh orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan catatan lapangan. Validasi penelitian dilakukan dengan validitas proses, hasil, demokrtis, katalik dan dialogik. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dengan presentasi skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tangga nada blues dalam pembelajaran PIM 3 Saxophone dapat meningkatkan keterampilan mahasiwa dalam berimprovisasi. Berdasarkan nilai rata-rata tes pra siklus ke siklus I, terjadi peningkatan sebesar 6,28%. Setelah diberikan materi tangga nada Blues, nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,17%. Dengan demikian, terjadi peningkatan keterampilan mahasiswa secara keseluruhan sebesar 17,45%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.