PENERAPAN PELATIHAN KANON SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPEKAAN HARMONI ANGGOTA PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 1 REMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan harmoni anggota paduan suara melalui penerapan pelatihan kanon di SMA Negeri 1 Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan model Kemmis & Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah anggota paduan suara SMA Negeri 1 Rembang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat peningkatan kepekaan harmoni anggota paduan suara SMA Negeri 1 Rembang dengan menerapkan pelatihan kanon. Hal ini dibuktikan dari hasil peningkatan rata-rata pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Tingkat keberhasilan kepekaan harmoni diukur dengan menilai tingkat kepekaan harmoni anggota paduan suara melalui tes pada akhir siklus. Nilai rata-rata pada pra siklus adalah 61,17 kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus I terdapat peningkatan nilai rata-rata menjadi 70,45 dan diakhiri pada tindakan siklus II dengan nilai rata-rata 79,71. Berdasarkan hasil nilai rata-rata, dapat disimpulkan bahwa penerapan pelatihan kanon dapat meningkatkan kepekaan harmoni anggota paduan suara SMA Negeri 1 Rembang.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.