UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KOLINTANG MELALUI PENDEKATAN SPIRAL DI SMP BRUDERAN PURWOREJO KELAS VIII B TAHUN AJARAN 2016-2017
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan pembelajaran kolintang melalui pendekatan pembelajaran spiral di SMP Bruderan Purworejo.Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran spiral karena untuk menangani kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran kolintang di SMP Bruderan Purworejo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Lokasi dan sasaran penelitian adalah di SMP Bruderan Purworejo dengan peserta didik SMP Bruderan Purworejo kelas VIII B Tahun Ajaran 2016-2017 yang difokuskan pada pembelajaran kolintang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pendekatan pembelajaran spiral dapat berhasil dan mencapai nilai yang terus meningkat dilihat dari rata-rata kelas pra siklus mencapai 62,2, siklus I mencapai rata-rata kelas 72,9 dengan presentase kelulusan 21,4% yang tingkat keberhasilan masih dalam kategori rendah, sedangkan pada siklus II mencapai 82,1 dengan persentase kelulusan 100%. Pada siklus II dapat dilihat bahwa penelitian melalui pendekatan spiral dinyatakan berhasil. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran spiral dapat meningkatkan pembelajaran kolintang di SMP Bruderan Purworejo.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.