PROSES PEMBELAJARAN INSTRUMEN MUSIK GONDANG DI PEMATANG SIANTAR

Lam Jogi Simarmata, , Indonesia

Abstract


Musik Gondang merupakan budaya yang melekat pada masyarakat Batak Toba, pelestarian musik Gondang sebagian besar dilakukan secara turun temurun. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran instrumen musik Gondang di Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah proses pembelajaran instrumen musik Gondang di Pematang Siantar. Instrumen penelitian dalam proses pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa pembelajaran instrumen musik Gondang di Pematang Siantar dimulai dari penguasaan materi dasar permainan pada setiap instrumen-instrumen yang ada pada musik Gondang. Materi dasar yang diajarkan berupa pengenalan bagian-bagian dari instrumen, posisi dalam bermain, dan cara memainkan instrumen dengan pola permainan yang sederhana. Pembelajaran berlangsung menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, metode latihan atau drill dan diakhiri dengan mengevaluasi setiap materi permainan yang belum sesuai dengan yang diajarkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.