STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SMP NEGERI 1 BANTUL

Alfris Sarwinto, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 1 Bantul, yang meliputi tujuan, materi, dan metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif, yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran interaktif. Tujuan yaitu untuk menyalurkan maupun mengembangkan kreativitas dan budaya peserta didik dalam hal bermusik, sedangkan materi disesuaikan dengan kemampuan dan usia peserta didik. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, dan drill.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.