HUBUNGAN HASIL BELAJAR PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DAN GAMBAR TEKNIK TERHADAP PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR
Febrianto Amri Ristadi, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan hasil belajar mata pelajaran simulasi digital, dan gambar teknik terhadap hasil belajar teknik gambar manufaktur di kelas XI TP 3 SMK N 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto jenis correlational study, pengambilan data untuk variabel simulasi digital, gambar teknik dan teknik gambar manufaktur menggunakan metode tes yang mencakup kemampuan kognitif atau teori dan psikomotorik atau praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran simulasi digital memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap mata pelajaran teknik gambar manufaktur dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,458. Hasil belajar mata pelajaran gambar teknik memiliki hubungan positif terhadap mata pelajaran teknik gambar manufaktur dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,591. Hasil belajar mata pelajaran simulasi digital dan gambar teknik secara bersama – sama memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap mata pelajaran teknik gambar manufaktur dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,596.
This research is aimed at knowing the relation of digital simulation and engineering drawing subjects academic achievment toward manufacture drawing subject academic achievment in class XI TP 3 SMK N 2 Pengasih. The method of research is ex-post facto research and the type is correlational study, the collecting data in the variable of digital simulation, engineering drawing, and manufacture drawing use the test which includes cognitive or theory and psychometric practice. The result shows that the first is a digital simulation subject has positive and significant relation toward manufacture drawing subject academic achievment the amount of coefficient corelation is 0,458 a eengineering drawing subject has positive relation toward manufacture drawing subject academic avhievment in the amount of coefficient corelation is 0,591 and a digital simulation and engineering drawing subjects have positive and significant relation toward manufacture drawing subject academic achievment in the amount of coefficient corelation is 0,596.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i5.8214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin