PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN ILMU BAHAN TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA

Rio Rizki Khanigia, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Suyanto ., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash dibanding dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Jenis dari penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji validitas instrumen  dilakukan menggunakan Point Biserial. Uji realiabilitas untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan persamaan Alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t dengan Polled Varians. Hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Bahan Teknik sub kompetensi logam ferro dan non-ferro sampai dengan dapur tinggi dengan menggunakan media Macromedia Flash menunjukkan rata-rata nilai kelas 77,03 lebih tinggi dari KKM 75 sedangkan hasil prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional menunjukkan rata-rata nilai kelas 69,73 kurang dari KKM 75. Pernyataan ini diperkuat dengan melihat hasil uji-t Separated Varian yang menunjukkan thitung>ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan nilai dk  (4,489>1,71).

This research aimed to find out the results of student achievement using learning media based on Macromedia Flash compared with the results of student learning outcomes using conventional methods. This type of research was Quasi Experiment. Data collection techniques used was a test. The validity test of the instrument was performed using Point biserial. Reliability test for the student learning outcomes test was calculated by the Alpha  formula. The data analysis technique used to test the hypothesis was t-test technique with Polled Variance. The results of student achievement in material engineering subjects sub competencies of ferro and non-ferrous metals up to a high furnace  using Macromedia Flash media showed an average value of 77,03 higher grade of KKM 75 while the results of student achievement using conventional methods showed the average value of 69,73 class less than KKM 75. This statement clearly evident by looking at the Separated Varian of t-test results that showed thitung>ttable at a significance level of 5% with dk point (4.489>1.71).


Keywords


Media pembelajaran berbasis macromedia flash, mata pelajaran ilmu bahan teknik; Learning media based on macromedia flash, material engineering subject

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i4.7529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin