PENINGKATAN PRESTASI PEMBELAJARAN MENGOPERASIKAN MESIN BUBUT MATA PADA PELAJARAN KERJA MESIN DASAR KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN JOB SHEET DI SMK PIRI SLEMAN

Kurniajaya Anov, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Paryanto ., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa teknik pemesinan antara kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan melalui pembelajaran dengan menggunakan job sheet dengan kelopok kontrol pada mata pelajaran kerja mesin dasar kelas X di SMK Piri Sleman, dan mengetahui besar peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok yang diberi pembelajaran menggunakan job sheet dengan kelompok yang tidak diberi pembelajaran menggunakan job sheet. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design. Sampel penelitian berjumlah 44 siswa yang dikelompokkan menjadi dua, kelompok eksperimen dan  kelompok kontrol. Sebelum dianalisis dilakukan uji homogenitas dan normalitas kemudian untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar digunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan penggunaaan  job sheet dengan kelompok kontrol pada mata diklat kerja mesin dasar kelas X SMK Piri Sleman. Besar peningkatan kualitas proses kerja sebesar 63,98%. Sedangkan akurasi hasil kerja sebesar 13,05%.

This study aims to determine the difference in student learning outcomes technique of machining between the experimental group  after being treated through learning using job sheet with grade kontrol on basic machine work in SMK Piri Sleman, and to determine large improving student learning outcomes between classroom learning by using job sheet with the group who were not learning the method of filing problem. The method used is the method Quasi Experimental Design. These samples included 44  students were grouped into two, the experimental group and the kontrol group. Before analyzed to test the homogeneity and normality then to determine differences in learning achievement used t-test. The results showed there is a difference in student learning outcomes between the experimental group after being given treatment method of using job sheet with the kontrol group basic machine workclass X SMK Piri Sleman.The increase in the results of work process has increased by 63,97% while the work result accuration is 13,05%.


Keywords


Prestasi belajar, quasi eksperimental design, job sheet; Learning achievement, quasi experimental design, job sheet

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i4.7524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin