PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Dionysius Arya Yudha, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Bambang SHP, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil pembelajaran siswa Kelas X pada mata pelajaran pengetahuan dasar teknik mesin di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik systematic sampling yaitu teknik pembagiannya menggunakan nomor presensi siswa, nomor urut ganjil menjadi kelompok kontrol dan nomor urut genap menjadi kelompok eksperimen, yang masing-masing berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh pembelajaran menggunakan media visual terhadap hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis yang menggunakan perhitungan Independent Sample t-test bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media visual dengan media konvensional di SMK PIRI 1 Yogyakarta.

The aim of the reasearch is to find the influence of learning outcome for the 10th grade in basic mechanical engineering in PIRI 1 Vocational High School Yogyakarta. This a quasi-experimental research with pretest-postest control group design. The method used in sampling was systematic sampling technique, which is using the students' number from the attendance list, the students with odd numbers become the control group and the students with even number become the experiment group, each of the criteria using 13 student. The data collection technique was using test paper. The result of this research shows that there are the influence of the using of visual media towards the students' learning outcome in basic mechanical engineering at 1st PIRI Vocational High School, Yogyakarta. It is shown by testing the hypothesis using calculation of the Independent Sample t-test that there are some different results in the students' learning result that uses visual media with conventional media at 1st PIRI Vocational High School, Yogyakarta.


Keywords


Media visual, hasil belajar, pengetahuan dasar teknik mesin; Visual media, learning outcome, basic mechanical engineering

Full Text:

PDF

References


Maya, H. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3 (1), 89-99.

Muhammad Munir. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22 (2), 184-190.

Anang Nugroho. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point dengan Video dan Animasi terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar pada Materi Perawatan Unit Kopling Siswa Kelas 2 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Thomas Adi Tri Nugroho. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i3.7112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin