PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK DEMONSTRASI PROSES PENGEFRAISAN
Paryanto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer untuk demonstrasi proses pengefraisan di SMKN 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara serta kuesioner (angket). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, guru pengampu dan 32 siswa kelas XI TP3. Prosedur pengembangan dan pembuatan tersebut meliputi tahap identifikasi, tahap desain dan pengembangan, tahap validasi, tanggapan pengguna (siswa) dan hasil produk akhir. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa media pembelajaran yang dibuat layak digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa kelas XI TP di SMKN 2 Pengasih. Hal tersebut berdasarkan penilaian yang telah dilakukan pada ahli materi dengan rerata 3,16 (79,08%) diklasifikasikan baik, rerata skor ahli media 3,21 (80,37%) diklasifikasikan baik, rerata skor guru 3,32 (83,05%) diklasifikasikan sangat baik, rerata tanggapan siswa 3,21 (80,25%) diklasifikasikan baik.
The purpose of this study is to develop computer assisted learning media for demonstration milling process in SMKN 2 Pengasih. This study is a research and development (R&D). The methods of collecting data are observation, interviews and questionnaires. Subjects in this study are subject matter experts, instructional media specialist, teacher and 32 students of class XI TP3. The procedure consist of identification, design and development, the validation, user feedback (students) and the results of the final product. The results indicate that the media catgorized a very feasible used in the learning process for students of classes XI TP at SMK 2 Pengasih. It is based on the assessment that has been done on the subject matter experts with an average of 3.16 (79,08%) were classified as good, the mean scores of media experts 3.21 (80,37%) were classified as good, the mean score of 3.32 teachers (83,05%) classified as very good, average student responses 3.21 (80,25%) were classified good.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Borg, W.R Gall, M.D. (1983). Educational Research: an Introduction. (4¬¬¬¬thed). New York : Langmen Inc.
Imam Mustholiq, Sukir, & Ariade Chandra N. (2007). Pengembangan Media Pembel-ajaran Interaktif Berbasis Multimedia Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Penelitian dan Teknologi Kejuruan, 16 (1), 7-9.
Oemar Hamalik. (1994). Media Pendidikan (Cetakan ke-7). Bandung: Penerbit PT Citra Aditya Bakti.
Priyanto Hidayatullah. Dkk (2011). Media Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung. Informatika Bandung
Muhammad Mas’ud. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran Dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.
Widodo Hadi Prasetyo, (2016). Pengambangan Media Pembelajaran Gambar Teknik untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 4 (4), 259-260.
Woolfolk, A. E. (1984). Educational Psychology for Theacher (2nded). New Jersey : Prentice-Heill.Inc
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i3.7108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin