PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK BUBUT KELAS XI TEKNIK PEMESINAN
Dwi Rahdiyanta, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran teknik bubut telah dikembangkan menggunakan metode research and development. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan 45 siswa kelas XI. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi tahap identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba terbatas, revisi produk ke-1, uji coba luas, revisi produk ke-2, dan produk siap digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian kualitas isi dengan rerata skor 3,49 (sangat baik), penilaian kualitas teknis dengan rerata skor 3,25 (baik), penilaian kualitas instruksional dengan rerata skor 3,49 (sangat baik).
Interactive learning media for lathe technique subject has been developed using researh and development method. Data were collected using observation, interview and questionnaire. The subjects in this study were subject matter expert, learning media expert, and 45students of class XI. Development procedures comprises 11 steps, as follows: identification of the problems, data collection, design product, validation the design, revision of the design, manufacture of the product, limited trial, the 1st revision of the product, comprehensive trial, the 2nd revision of the product, and the final product is ready to use. The results of this study show that the interactive learning media that was developed was feasible for learning activities. It could be seen from the content quality assessment with a mean score of 3.49 (very good), the technical quality assessment with a mean score of 3.25 (good), and the instructional quality assessment with a mean score of 3.49 (very good).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Deni Darmawan. (2014). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Imam Mustholiq MS, Sukir, & Ariade Chandra N. (2007). Pengembangan Media Pembel-ajaran Interaktif Berbasis Multimedia Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Penelitian dan Teknologi Kejuruan, 16 (1), 16-17.
Rayandra Asyhar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, S. Eko Putro. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i3.7106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin