PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS BERBASIS ADOBE FLASH CS6
Sutopo ., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Teknik Pemesinan Frais berbasis Adobe Flash CS6 yang layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Kelayakan diukur menggunakan angket dengan skala likert 4 pilihan jawaban dengan sampel 32 siswa. Data penelitian berupa data kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menghasilkan produk akhir berupa media pembelajaran Teknik Pemesinan Frais berbasis Adobe Flash CS6 sebesar 49 MB berbentuk file .exe yang dilengkapi musik pengantar, video, dan animasi. Kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 ini mendapatkan kelayakan dari ahli media sebesar 88.23% dengan klasifikasi sangat baik, berdasarkan ahli materi diperoleh kelayakan sebesar 81.67% dengan klasifikasi sangat baik, hasil penilaian guru pengampu sebesar 89.09% dengan klasifikasi sangat baik, berdasarkan respon penilaian siswa diperoleh sebesar 80.27% dengan klasifikasi sangat setuju menggunakan media pembelajaran ini.
This research is intended to produce mill machining learning media based on Adobe Flash CS6 which is proper to use. This research was a R&D study with ADDIE models that consist of 4 steps: analysis, design, development, implementation and evaluation. Feasibility measured using a questionnaire with 4 choices of likert scale with a sample of 32 students. Data types are quantitative data with descriptive quantitative analyzing technique. The results of this research produce a final product in the form of Mill Machining learning media based on Adobe Flash CS6 by 49 MB .exe file form which include introductory music, video, and animation. The feasibility level of learning media based on Adobe Flash CS6 reached the feasibility from content-expert’s judgement of 88.23% with classification very good, from media-expert’s judgement reached the feasibility of 81.67% with classification very good, the result from teacher-assessment of 89.09% with classification very good, from student-assessment response reached of 80.27% with classification very agree using this learning media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief S. Sadiman. (1986). Media Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Haris Enggar Saptoko. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Teknik Dasar dengan Adobe Flash pada SMK Bidang Keahlian Teknik Pemesinan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Imam Mustholiq, Sukir, & Ariade Chandra N. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Penelitian dan Teknologi Kejuruan. 16 (1), 7.
Lee, William W. & Diana L. Owens. (2004). Multimedia-Based Intructional Design. San Francisco: Pfeiffer.
Madcoms. (2016). Kupas Tuntas Adobe Flash CS6. Yogyakarta: CV Andi Offset
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i2.7102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin