PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL UNTUK PEMBELAJARAN GAMBAR MANUFAKTUR SMK KELAS XI
Febrianto Amri Ristadi, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial pada mata pelajaran Gambar Manufaktur. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara serta kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, guru pengampu dan 30 siswa kelas XI. Prosedur pengembangan dan pembuatan tersebut meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan bahan, penggabungan, pengujian,dan penyebarluasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran yang dibuat sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa kelas XI di SMK N 1 Kota Magelang. Hal tersebut berdasarkan penilaian yang telah dilakukan pada ahli materi dengan rerata 3,53 (88,13%) diklasifikasikan sangat baik, rerata skor ahli media 3,35 (83,88%) diklasifikasikan sangat baik, rerata skor uji coba terbatas 3,29 (82,19%) diklasifikasikan sangat baik.
The purpose of this research was to develop a learning media in the form of video tutorials on manufacturing drawing subject. This is a research and development. Data were collected using observation, interview and questionnaire. The subject in this study is subject material expert,learning media expert, teacher and 30 students of class XI. Development and production procedures comprises of 6 stages: concept, design, material collecting, assembly, testing, and distributing. The results of this study show that the learning media in learning process for the students. It is based on assessments by subject material expert with 3.53 (88,13%) which classified as very good, learning media expert with 3.35 (83.88%) which classified as very good, limited trial with 3.29(82,19%) which classified as very good.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief S. Sadiman. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Amorro Nur Radian. (2015). Pengembangan Modeul Pembelajaran Inventor dengan Kelengkapan Video Tutorial Untuk Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Unuversitas Negeri Yogyakarta.
Tim Redaksi Pusat Bahasa Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Edisi ketiga). Jakarta : Balai Pustaka.
Budiyanto. (2015). Pengaruh Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar Praktik Las Oxy Acetylene Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i1.6781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin