PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN LAS SMAW DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN
Soeprapto Rachmad S, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan media digital yang tepat untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran mata pelajaran penyambungan logam dengan las busur listrik SMAW. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development). Penelitian ini mengacu pada model Dick and Carry yang bertempat di jurusan Teknik Fabrikasi Logam SMK N 1 Seyegan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian oleh ahli materi, ahli media, guru, serta angket untuk subjek uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skala lima. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, diketahui bahwa penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran adobe flash las busur listrik manual SMAW dengan hasil uji kelayakan ahli materi memperoleh skor rata-rata 3.94, ahli media 4.12, guru mata pelajaran las SMAW 4.69, uji perorangan 3.81, uji coba kelompok kecil 4.08, dan pada uji lapangan didapatkan 4.30, jumlah total keseluruhan skor mendapat rerata 4.15 dalam kategori Baik.
The purpose of this research is to design and determine the feasibility of digital learning media to be used as supporting for subjects learning of electric SMAW. This study is a research and development (R&D) methods. The study refers to the Dick and Carry model, and was carried out at the Metal Fabrication Department of SMK 1 Seyegan. Data were collected using instrument in the form of assessments sheet which were distributed to subject matter experts, media experts, and teachers. Questionnaire were used for individual test, small group test, and field trials. Data were analyzed using descriptive-quantitative analytical techniques which were described in five scale distribution. The results shows that the outcome of this research is learning media using adobe flash for manual electric arc welding with SMAW. The feasibility test result were indicated by average scores, which are: 3.94 for subject matter, 4.12 from media experts, 4.69 from SMAW teachers, 3.81 from the individual test, 4.08 from the small group test, and 4.30 from the field test. The average of total scores is 4.15 and is considered in the “good” category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Dick, W., Carey, J. O. & Carey, L. (2007). The systematic design of instruction (6th ed.) Boston: Pearson.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i7.5592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin