GRUP FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X DI SMK KRISTEN PEDAN
Arianto Leman Soemowidagdo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan grup facebook pada proses pembelajaran gambar teknik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan metode one group pretest post test, dimana kelas X MC sebagai populasi dan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes kemudian di olah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah grup facebook dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran karena dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tingkat keaktifan siswa meningkat sebanyak 131,25 % dan hasil belajar meningkat menjadi 42,49%.
This research aims to use Facebook group as a learning media on technical drawing subject. The study is an experimental research with one group pretest posttest methods, in which the population was all of the students in class X MC. Data were collected using observation sheet and test, which then analyzed descriptive-quantitatively. The result indicates that Facebook group can be used as a learning media because it could improve students’ activeness and learning outcomes. The activeness improvement is 131,25 % and the learning outcome improves by 42,49%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amy Julia, A.R (2012). Pemanfaatan Situs Jejaring Sosial Facebook Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran TIK bagi Siswa Kelas XI SMAN 1 Depok Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Abstrak Hasil Penelitian UNY. Yogyakarta: Digilib UNY.
Anonim. Definisi Facebook. Tersedia di http://id.wikipedia.org./wiki/facebook. Diakses pada tanggal 9 Januari 2016.
Ariesta, M.S (2009). Pengaruh Penggunaaan Internet Terhadap Prestasi Akademik Bagi Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2007 dan 2008 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Malang: UNM
BBC. (2015). Jumlah Pengguna Facebook Tembus 1.55 Milyar. Tersedia di http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/11/151115_majalah_pemakai_facebook. diakses pada tanggal 12 Januari 2016
Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta CV
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i5.5092
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin