METODE STAD UNTUK MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KMKE DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Hari Santoso, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Suyanto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) diterapkan pada pelajaran KMKE (Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan subjek 20 siswa kelas X TP 3. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes dan dibandingkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran. Hasil penelitian yaitu hasil uji-t menunjukkan thitung 13,85 dengan ttabel 1,6905, berarti hasil belajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif STAD lebih tinggi dibandingkan metode pembelajaran konvensional dan peningkatan hasil belajar KMKE tampak pada rerata nilai pembelajaran konvensional sebesar 43,74 meningkat menjadi 79,2 pada pembelajaran kooperatif.

The Student Team Achievement Division (STAD) type of  cooperative learning methods was implemented in Machinery Electricity and Energy Conversion (KMKE) subject at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta to improve learning outcomes. This classroom action research was conducted on 20 students of class X TP 3. The instrument being used was test sheets. The learning achievement data were obtained by test and then were compared to determine the learning achievement differences which serves as criterion for learning advancement. The result of the t-test reveals a tvalue of 13.85 with a ttable of 1.6905, which means that the learning outcomes using STAD cooperative learning is higher than using conventional learning. The improvement in learning outcomes of KMKE subject is shown by an increase in average score,  from 43.74 when using conventional learning  to 79.2 when using cooperative learning.


Keywords


Student teams achievement division, prestasi belajar, kelistrikan mesin dan konversi energi; Student team achievement division, learning achievement, machinery electricity and energy conversion

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. (2010). Cooperative learning. Jakarta: Grasindo.

Danang Yuli Ariyanto (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Kelas Xi Tp4 Di Smk Muhammadiyah 1 Bantul Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i4.5082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin