HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DENGAN NILAI MATA PELAJARAN PROSES PENGELASAN DASAR
Suyanto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kinerja guru dengan nilai mata pelajaran pengelasan dasar. Metode penelitian ini penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survey test. Penelitian ini akan memaparkan apakah ada hubungan antara persepsi siswa tentang kinerja guru dengan nilai mata pelajaran teknik pengelasan dasar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 57 siswa. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik. Hasil penelitian persepsi siswa terhadap kinerja guru sebanyak 40% siswa menyatakan baik, dan nilai yang diperoleh siswa di mata pelajaran teknik pengelasan dasar sebanyak 89% siswa mendapatkan nilai diatas KKM, hubungan antara persepsi siswa dengan kinerja guru dapat dilihat melalui r = 0,596 (α: 5%) dengan nilai n = 57 (df = n-2) yang diperoleh = 0,263, karena = 0,596 > yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru dengan nilai mata pelajaran pengelasan dasar.
The aim of this research in general is to discover the correlation between students’ perception of teacher’s performance and welding basics subject scores. The study employed a quantitative methods, using survey test as research design. This research explains whether there is a correlation between students’ perception of teacher’s performance and welding basics subject scores. Sample of this research are the students of class X with a total number of students is 57 students. Data were analyzed using statistical analysis. The result reveals that, for students’ perception of teachers’ performance, 40% students have a good perception. For students’ scores on Welding Basic subject, 89% of them are above the Standard of Minimum Completeness of Mastery Learning. The correlation between students’ perception and teachers’ performance can be seen from r value of 0,596 (α: 5%) and n value of 57 (df = n-2); hence the equals 0,263. Because is greater than , it can be stated that there is a significant correlation between students’ perception of teachers’ performance and students’ Welding Basic subject scores.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faradika Prastawa R. (2010). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani SMA Negeri Se-Kota Yogyakarta Tentang Penilaian Domain Afektif. Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Marwan, Sholahudin (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pendagogik Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa SMP Negeri 3 Tegowanu Kabupaten Grobogan. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang.
Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2003). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i4.5078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin