MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR K3 DI SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA MENGGUNAKAN METODE TS-TS
Thomas Sukardi, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Prestasi belajar K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di SMK Cokroaminoto Banjarnegara telah ditingkatkan menggunakan metode two stay two stray (TS-TS). Populasi penelitian eksperimen semu ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Pemesinan berjumlah 89 siswa. Sample penelitian, Kelas XI TP1 (32 siswa) sebagai kelompok kontrol dan kelas XI TP2 (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Validitas instrumen tes diuji dengan korelasi product moment sedang reliabilitas dihitung dengan persamaan KR-21 dan diperoleh nilai koefisien 0,496. Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukan thitung 4,176 > ttabel 1,696 dengan taraf signifigan α=0,05 dan df=31. Hal ini menunjukan ada perbedaan hasil belajar yang signifigan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Siswa menjadi lebih aktif dan tidak bosan.
Learning achievement of K3 (health and safety) subject at SMK Cokroaminoto Banjarnegara has been improved using two stay two stray (TS-TS) method. Population of these quasi-experiment research were all of 89 students of XI grade Machining Technique. Research sample which are XI TP1 class (32 students) as control group and XI TP2 as experimental group determined by simple random sampling technique. The test instrument validity was tested by product moment correlation while the reliability was calculated by equation KR-21 and obtained coefficient of 0.496. Data resulted from pretest and posttest analyzed using t-test. Analysis result shows that tcalculated 4,176 > ttable 1,696 on significance level of α=0,05 and df=31. This shows that there is significant differences on learning achievement of experiment and control group. Students become more active and not bored.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Titik Hariyani, dkk. (2013). Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PKn, Jurnal Pedagogi, 1 (3).
Uswatun Khasanah. (2011). Keefektifan Penggunaan Metode Two Stay Two Stray (TS-TS) Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Jerman DI SMA N I Sedayu Diakses tanggal 2 Februari 2014 dari http://eprints.uny.ac.id/4332/1/Uswatun%20Khasanah_04203241030.pdf
Anita Lie. (2002). Cooperative Learning, Jakarta: PT. Grasindo.
Setiawan, Tia. 1980. Kesehatan Kerja dan Tata Laksana Bengkel, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2010. Metode Penenlitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i4.3395
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin