PENGARUH METODE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR PRESISI DI SMK DR SUTOMO TEMANGGUNG
Wagiran -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran penggunaan alat ukur presisi di Jurusan Teknik Pemesinan SMK DR. Sutomo Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonrandomized pretest-posttest control group design. Pengamatan dilakukan pada kelompok eksperimen yang diberi materi menggunakan metode Synergetic teaching dan kelompok kontrol yang diberi materi dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian yaitu: (1) hasil uji-t menunjukan thitung = 2,505 dengan Ttabel = 2,040, ,berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas dengan metode pembelajaran synergetic teaching (2) Nilai rata-rata kelas dengan metode Synergetic teaching mengalami peningkatan yang lebih besar yakni 2,32175 dibanding metode konvensional yang hanya 1,25368 (3). Persentase kelulusan siswa yang menggunakan metode Synergetic teaching sebesar 90,62% sedangkan dengan menggunakan metode konvensional sebesar 82,35%.
The purpose of this study was to analyze effect of Synergetic teaching Method on student learning achievement in precision measuring instruments application subject at Mechanical Engineering Department SMK Dr. Sutomo Temanggung. This study was using quasi-experiment method with Nonrandomized Pretest-posttest control group design. Research was conducted on experimental group that subject given by Synergetic teaching compared to control group using conventional method. Data were collected through test and then analyzed using t-test. The research results show that (1) T-test result showed that tvalue= 2,505 with ttable=2,040, which means that there are significant effect of Synergetic teaching Method used on students learning achievements. (2) The average value of the class that using Synergetic teaching Method increased by 2,32175 compared to the conventional method that only 1,25368. (3) Graduation percentage that using Synergetic Method was 90,62% while the conventional method was 82,35%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Aziz dan Nur Kholis. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Synergetic Teaching Pada Mata Diklat Mengukur Besaran-Besaran Listrik Dalam Rangkaian Elektronika Kelas X Di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3 (2), 83-88.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hartono. (2008). Metode Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Workshop Pengembangan Profesi Guru
Hisyam Zaini, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Netriwati. (2012). Penerapan Strategi Synergetic Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Matematika di IAIN Raden Inttan Lampung. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. XII (2), 47-52.
Oemar Hamalik. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Silberman, Mel. (2006). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. (terjemahan Komarudin Hidayat) Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i4.3388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin