HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PRAKTIK LAS BUSUR MANUAL DAN BIMBINGAN KARIR DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA

Reza Agung Pribadi, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Widarto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar praktik las busur manual dan bimbingan karir secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan minat berwirausaha siswa. Sampel penelitian ex-postfacto ini adalah kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan: a) dokumentasi dan b) kuesioner/angket. Hipotesis diuji menggunakan teknik korelasi product moment dan korelasi ganda dengan bantuan proram komputer SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa prestasi belajar praktik las busur manual dan bimbingan karir berhubungan positif dan signifikan dengan minat berwirausaha dengan koefisien korelasi berturut-turu rx1y = 0,658, dan rx2y = 0,488. Lebih jauh, prestasi belajar praktik las busur manual dan bimbingan karir secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan dengan minat berwirausaha dengan koefisien korelasi Ry.x1x2 = 0,755.

The purpose of this study was to determine the relationship of manual arc welding practices achievement and career guidance on the students’ entrepreneurship interest. The samples of this ex post facto research were students of X grade of Mechanical Machining Program of Muhammadiyah 3 Yogyakarta Vocational High School. Data were collected using: a) documentation and b) questionnaires. The hypothesis was tested was using product moment correlation and multiple correlation on computer program of SPSS version 20. The analysis result shows that manual arc welding practices achievement and career guidance has positive and significant correlation on entrepreneurship interest with correlation coefficient respectively rx1y = 0,658, dan rx2y = 0,488. Furthermore, manual arc welding practices achievement and career guidance simultaneously has significant and positive relationship on entrepreneurship interest with a correlation coefficient Ry.x1x2 of 0.755.


Keywords


Prestasi Belajar, Praktik Las Busur Manual, Bimbingan Karir, Minat Berwirausaha; Learning Achievement, Manual Arc Welding Practice, Career Guidance, Entrepreneurship Interests

Full Text:

PDF

References


Ahmad Musabbikhin. (2000). Hubungan Bimbingan Karir, Informasi Dunia Kerja dan Pengetahuan Manajemen Bisnis dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas III Jurusan Bangunan SMK 2 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. FT UNY.

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khoirul Fuadi. (2001). Hubungan Antara Prestasi Belajar Mata Pelajaran Program Kejuruan dan Bimbingan Karir Terhadap Minat Berwirausaha pada siswa SMK PIRI 1 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. FT UNY.

Mardiyatmo. (2005). Kewirausahaan Untuk Tingkat 1 SMK. Jakarta: Yudhistira.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (1994). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba E.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i3.3381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin