HUBUNGAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI PRAKTIK CAD SISWA SMKN 2 DEPOK SLEMAN
Fredy Surahmanto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pemahaman Mata Pelajaran Gambar Teknik dan Kreativitas terhadap Prestasi Praktik CAD Siswa Kelas XI SMK N 2 Depok, Sleman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pemahaman Mata Pelajaran Gambar Teknik (X1) dan Kreativitas (X2) sedang Prestasi Praktik CAD (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas XI Teknik Pemesinan. Data dikumpulkan dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman Mata Pelajaran Gambar Teknik dan Kreativitas berhubungan positif terhadap Prestasi Praktik CAD dengan signifikan berturut-turut sebesar 14,5% dan 6,9%. Pemahaman Mata Pelajaran Gambar Teknik dan Kreativitas secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Praktik CAD dengan signifikansi 26,6%.
This research aims at determining correlation among understanding of mechanical drawing subject and creativity to CAD practice achievement of SMK N 2 Depok students.The independent variables on this ex-post facto research were understanding of mechanical drawing subject (X1) and Creativity {X2) while CAD practice achievement (Y) as dependent variable. This research was conducted on 60 Mechanical Engineering students at SMK N 2 Depok. The data were collected by test and documentation and then analyzed by linear and multiple linear regression. The result shows that understanding of mechanical drawing subject and creativity has positive correlation on CAD practice achievement with significances respectively 14,5% and 6,9%. Both of them has possitive correlation on CAD practice achievement with significance of 26,6%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aan Ardian. (2008). Pengaruh Strategi Pengorganisasian Elaborasi dan Gaya Kognitif Spasial Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Gambar Mesin. Yogyakarta: Penelitian UNY
Depdikbud. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.
Karmon Singgalingging. (2009). Model Evaluasi Kreativitas Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2009. Thesis. Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i2.3371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin