PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIK MESIN BUBUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Paryanto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan e-module praktik mesin bubut kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian mengacu pada model ADDIE yang meliputi lima langkah, yaitu: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; dan (5) Evaluasi. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian pengembangan ini digunakan instrumen berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan e-module berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi berturut-turut adalah 75 % (layak) dan 90 % (sangat layak), sedang uji coba terhadap siswa 85 % (sangat baik). Efektivitas e-module ditunjukkan oleh kemampuannya meningkatkan jumlah kelulusan siswa sebesar 57,14 %, bila dibandingkan dengan kelas kontrol terdapat perbedaan jumlah kelulusan sebesar 36 %.
The objective of the research is developing lathe practice e-module for grade XI students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The research is categorized as Research and Development Design. It refers to ADDIE including five steps: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; and (5) Evaluation. There are two kinds of data i.e. qualitative and quantitative. The data were collected by using questionnaires and analyzed by using descriptive quantitative techniques. The e-module development results according to media and subkect expert repectively are 75% (appropriate) and is 90% (very appropriate), while according to students testing is 85% (very good)., E-module effectiveness showed by its abilty increasing the students passing number of 57, 14%, compared to the control class, there is difference in the number of passing students by 36%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Arief S. Sadirman. Dkk (2009). Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Branch, R. M. (2009). Intructional design: the ADDIE approach. University of Georgia.
Danim, S. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dekdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan bahan ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Gunadarma, A. (2011). Pengembangan Modul Elektronik sebagai Sumber Belajar untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Diakses pada tanggal 12 Desember 2013 dari http://www.slideshare.net/anandagunadharma/pengembangan-modul-elektronik-sebagai-sumber-belajar-untuk-mata-kuliah-multimedia-design-ananda-gunadharma-1215051060.
Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
NECSOFT. (2010). diakses pada tanggal 12 Desember 2013 dari http://www.ncesoft.com/tutorials.html.
Nurahman, S. (2011). Pengembangan Modul Elektronik Berbahasa InggrisMenggunakan Addie-Model Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Pada Kelas Bertaraf Internasional Diakses pada tanggal 12 Desember 2013 dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309687/Modul%20Elektronik.pdf.
Pradana A D. (2012). Pengembangan E-Module Mata Pelajaran Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di MAN 3 Malang. Perpus UM.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pribadi, B. A. (2009). Pengembangan Sistem Pembelajaran. Bandung.
Riyanto, Lukman & Subagyo. (2012). Pengembangan digital library local content pekalongan dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI 1 (1);1-13.
Smaldino Sharon E., Lowther Deborah L., Russell James D. (2011). Instrukctional Tecnology & Media. Jakarta: Kencana Fifth Edition.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i1.3363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin