PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA FASILITAS BENGKEL DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTEK LAS DASAR KELAS X DI JURUSAN MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
Tiwan -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui persepsi siswa pada fasilitas bengkel; (2) Mengetahui minat siswa pada mata pelajaran praktik las dasar; (3) Mengetahui prestasi mata pelajaran praktik las dasar; (4) Mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap fasilitas praktek dengan prestasi siswa pada mata pelajaran praktek las dasar; (5) Mengetahui hubungan minat siswa terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran praktek las dasar; (6) Mengetahui apakah hubungan antara persepsi siswa pada fasilitas bengkel dan minat siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktik di jurusan mesin SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan kelas X jurusan mesin dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling random strata. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket (kuesioner). Angket dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok untuk mengungkap data persepsi siswa pada fasilitas bengkel dan minat siswa. Nilai tes digunakan untuk mengungkap prestasinya. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis korelasi Pearson Product Moment, korelasi ganda, dan uji regresi. Pengolahan data menggunakan metode manual dan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa pada fasilitas bengkel dapat dikatan baik; (2) Minat siswa dapat dikatakan baik; (3) Prestasi belajar siswa kelas X jurusan teknik mesin dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari 51 (65,38 %) siswa berada di atas rerata nilai; (4) Persepsi Siswa pada fasilitas bengkel berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktek las dasar dengan taraf interprestasi kuat; (5) Minat siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktek las dasar dengan taraf interprestasi sedang; (6) Persepsi siswa pada fasilitas bengkel dan minat siswa secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktek las dasar dengan taraf interprestasi sedang.
This research aims to (1) to know the student’s perception on mechanic facility (2) to know the student’s interest on subjectweld basic practise (3) to know the student’s achivement on subject of las basic practice (4) to know the correlation of student’s perception toward the practice’s facility and student’s achivement on subject weld basic practice (5) to know the correlation of student’s interest toward student’s achievement on subject las basic practise (6) to know the what is the correlation between the student’s perception toward the mechanic facility and the student’s interest collectively on study’s achivement in subject weld basic practice of engineering class SMK Muhammadiyah Prambanan. This research is ex post facto and conducted in SMK Muhammadiyah Prambanan Grade X Engineering Class with 78 students as the sample, the sample is taken by using technique random sampling. The data is taken by using questionaire. The questionaire are devided into 2 groups, they are group of showing the student’s data perception toward mechanic facility and the student’s interest. The result of the test is used to show the student’s achivement. The technique of analysis which is used in hypothesis testing is Pearsons’ Product Moment Correlation Analysis, Double Correlation and regretion testing. The data mixed by manual method and SPPS 16. The result of the research shows that (1) the student’s perception on mechanic facility is good (2) the student’s interest on subject weld basic practise is good (3) the student’s achivement on subject of weld basic practice is good seen from the number 51 students (65,38%) reach up the average poin. (4) student’s perception toward the practice’s facility is positive toward the student’s achivement of subject weld basic practise with strong achievement level; (5) student’s interest positively effect on student’s achivement and perception on mechanic facility collectively, it positively effect the student’s study achievement in subject weld basic practise with medium level of inter achievement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. (1988). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Depdikbud
Sudjana, Nana. (1991). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-----------. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suprapto. (2013). Metodologi penelitian ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu pengetahuan sosial. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)
Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia
Tohirin. (2006). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i1.3361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin