HUBUNGAN PRESTASI MATA PELAJARAN KEJURUAN DAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA

Agung Kurniawan, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Jarwo Puspito, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara prestasi mata pelajaran kejuruan dengan kesiapan mental kerja siswa, (2) hubungan antara rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa, dan (3) hubungan secara bersama-sama antara prestasi mata pelajaran kejuruan dan rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 2 Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 90 siswa dan sampel sebanyak 72 siswa dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi mata pelajaran kejuruan dengan kesiapan mental kerja siswa (rx1y=0,313; α=0,5); (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa (rx2y=0,616; α=0,5); dan (3) Ada hubungan secara bersama-sama antara prestasi mata pelajaran kejuruan dan rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa Rx1x2y = 0,657 dan koefisien determinasinya = 0,432, yang berarti kesiapan mental kerja 43,2% ditentukan oleh tingkat prestasi mata pelajaran kejuruan dan rasa percaya diri.

This research aims to study: (1) the relation between academic achievement of vocational subjects and students’ job readiness; (2) the relation between self-confidence and students’ job readiness, (3) the relation of both academic achievement of vocational subjects and self-confidence to students’ job readiness. The type of the research is ex-post facto. Research population is the 90 students of class XII Machining Department of SMK N 2 Wonosari in the academic year of 2014/2015. The sample is 72 students by simple random sampling techniques. Results show that: (1) There is a positive and significant relation between the academic achievement of vocational subjects and students’ job readiness (rx1y=0,313; α=0,5); (2) There is a positive and significant relationship between self-confidence and students’ job readiness (rx2y=0,616; α=0,5); and (3) There is a relation of both academic achievement of vocational subjects and self-confidence to students’ job readiness. It is shown by correlation coefficient Rx1x2y of 0.657 and the determination coefficient of 0.432, which means 43.2% of students’ job readiness is determined by the level of academic achievement of vocational subjects and self-confidence.


Keywords


Prestasi mata pelajaran kejuruan, rasa percaya diri, kesiapan mental kerja; Academic achievement, vocational subjects, self- confidence, job readiness

Full Text:

PDF

References


Estu Suryowati. (2014). BPS: Lulusan SMK Paling Banyak yang Menganggur. Diakses http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/05/152900626/BPS.Lulusan.SMK.Paling.Banyak.yang.Menganggur pada tanggal 10 Maret 2015, pukul 10.00 WIB.

Mahbub Junaidi. (1998). Kesiapan Kerja Siswa Kelas III SMK Negeri Kelompok Teknologi dan Industri Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi, dipublikasikan. Yogyakarta: UNY.

Martanto. (2008). Kesiapan Kerja Siswa Kelas III Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Klaten. Skripsi, dipublikasikan. Yogyakarta: UNY.

Presiden Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010. Jakarta.

Sugiyono.(2008). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Teguh Priambudi. (1999). Hubungan Sikap Siswa Terhadap Praktek dan Tingkat Kemampuan Praktek Kerja Kayu Mesin dengan Kesiapan Mental Kerja. Skripsi, dipublikasikan. Yogyakarta: UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i9.3351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin