PENGARUH KINERJA MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI GAMBAR TEKNIK DI SMK N 2 PENGASIH

Navis Ari Nugroho, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Wagiran -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan : (1) pengaruh kinerja mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar gambar teknik (2) pengaruh kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar gambar teknik (3) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar gambar teknik. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas X Teknik Mesin SMK N 2 Pengasih sebanyak 119 orang. Sampel penelitian sebanyak 89 orang ditentukan berdasarkan tabel penentuan sampel dan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Analisis dilakukan dengan regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda dengan signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kinerja mengajar guru dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (2) kinerja mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (3) minat belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.  

This study aims to determine: (1) the effect of teaching performance and learning interest to learning achievement in technical drawing; (2) the effect of the teacher’s teaching perfomance to the  academic achievement in technical drawing; and (3) the effect of learning interest to academic achievement in engineering drawing. This is an ex post facto research. The population was the 119 students of class X in mechanical engineering at SMK N 2 Pengasih. A sample of 89 students was determined using the sample table and propotional random sampling. The instrument being used were questionnaire and test. Data were analysed using simple linier regression and multiple linier regression analysis with significance level of 5%. The results show that: (1) the teacher’s teaching performance and learning interest have a positive and significant effect to the academic ahcievement; (2) the teacher’s teaching performance has a positive and significant effect to academic achievement; and (3) learning interest has a positive and significant effect to academic achievement.


Keywords


Kinerja guru, minat, prestasi, gambar teknik; Teacher performance, learning interest, academic achievement, technical drawing

Full Text:

PDF

References


Danang Sunyoto. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Caps.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Irfan Surya Anggara. (2014). Pengaruh Minat dan Pengetahuan Dasar Pemesinan terhadap Prestasi Belajar Praktik Pemesinan Kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 3 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Asadi Mahasatya.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Taufik Windi Armoko. (2014). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Kejuruan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK 1 Seyegan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i9.3350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin