BUKU SAKU PROSES PERLAKUAN PANAS UNTUK SISWA SMK JURUSAN PENGECORAN LOGAM DI SMK N 2 KLATEN
Arianto Leman Soemowidagdo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuat buku saku perlakuan panas untuk SMK serta mengetahui kelayakannya sebagai media belajar. Buku saku ini dikembangkan dengan metode penelitian R&D. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisa secara deskriptif. Validasi dilakukan oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, dan guru mata pelajaran. Pengujian buku saku dilakukan pada kelas XII Jurusan Pengecoran Logam SMK N 2 Klaten dengan siswa yang berjumlah 34 orang. Siswa diberi angket respon untuk menilai buku saku. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, guru, serta respon siswa Buku saku mendapatkan prosentase nilai sebesar 75,2% 68,9% 88,2% 91,4%. Dengan presentase seperti itu maka buku saku bisa dikatakan “LAYAK”.
The purpose of this research is to develop a pocket book of heat treatment process for vocational school students. It also served a purpose to determine its suitability as a learning media. The pocket book was developed by using R & D method. The data was collected by questionnaire and were analyzed descriptively. The pocket book was validated by subject expert, media expert and subject teacher. The pocket book trial was conducted to 34 students of class XII majoring in metal casting at SMK N 2 Klaten. The students were given questionnaire to evaluate the pocket book. The result shows that the pocket book is suitable for use, with scores from subject expert, media expert, subject teacher and student responses were 75.2%, 68.9%, 88.2%, 91.4%, respectively.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Mutholib. (2011). Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pebelajaran Berbasis SETS (Science Environment, Technology, Society). Skripsi, dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri WaliSongo.
Farchan Riyadi. (2013). Pengembangan Buku Saku Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Sebagai Media Pembelajaran Smk Teknik Pemesinan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Oemar Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008 pasal 1 ayat 21 tentang Sekolah Menengah.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i9.3348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin