PENGARUH PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PRAKTIK LAS TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI BIDANG PENGELASAN
Arianto Leman Soemowidagdo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi dan motivasi belajar siswa dalam praktik las terhadap minat berwirausaha di bindang pengelasan. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan dari populasi 158 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Prestasi Belajar Praktik las berpengaruh positif tetapi tidak signifikan (ryx1= 0.118) terhadap Minat Berwirausaha Di Bidang Pengelasan. Motivasi Belajar Praktik Las berpengaruh positif dan signifikan (ryx2= 0.264) terhadap Minat Berwirausaha Di Bidang Pengelasan. Â Sedangkan Prestasi dan Motivasi Belajar Praktik Las secara besama-sama berpengaruh positif tetapi tidak signifikan (Ryx1x2= 0.296) terhadap Minat Berwirausaha Di Bidang Pengelasan.
This study aims to study the effect of academic achievement and learning motivation in welding practices to entrepreneurship interest in the welding sector. The method of research is ex-post facto. Data were collected by documentation and questionnaire. The research samples were the 56 students of class XI SMK Muhammadiyah Prambanan, which are sampled from a population of 158 students. The result shows that there is a positive but not significant effect (ryx1 = 0.118) of welding practices achievement to entrepreneurship interest in the welding sectors. As for learning motivation, there is a positive and significant effect to entrepreneurship interest (ryx2 = 0.264). Both academic achievement and learning motivation in welding practices altogether have as positive but not significant effect to entrepreneurship interest (Ryx1x2=0,296).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BPS. (2015). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 2004 - 2014. Diakses pada tanggal 14 Apil 2015 dari http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/972
Reza Agung Probadi. (2014). Busur Manual Dan Bimbingan Karir Dengan Minat Berwirausaha Siswa. Diakses tanggal 17 April 2015 dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/9129/89/939
Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Sutrisno Hadi. (1994). Analisis Regresi. Yogyakarta: PT. Andi Offset
Kemendiknas. (2006). Permendiknas No. 23 Tahun 2006: Standar Kompetensi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Filla Roy. (2008). Pengaruh Motivasi dan Minat Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Kerja Las Dasar Di SMK N 2 Pengasih. Skripsi, tidak dipublikasikan Universitas Negeri Yogyakarta
Suharyadi, dkk. (2007). Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat
Eva Nauli Thaib. (2013). Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 13 (2).384-399
Yuli Supriyanto. (2014). Hubungan Praktik Kerja Lapangan Dan Penguasaan Kompetensi Pengelasan Terhadap Minat Siswa Untuk Berwirausaha Di Bidang Pengelasan Di SMK N 1 Sedayu. Skripsi, tidak dipublikasikan Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i9.3346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin