IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Fajar Yulianto Prabowo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Arianto Leman Soemowidagdo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum 2013 pada guru matapelajaran produktif di Jurusan Teknik Mesin SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif dengan sampel berjumlah 12 orang. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan analisis deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan metode statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menyatakan: Guru siap melakukan perencanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran ketiganya dalam kategori sangat setuju. Secara keseluruhan, kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 dapat dinyatakan siap, hal ini dibuktikan dengan hasil kesiapan guru teknik mesin di atas nilai rata-rata 115,333 terletak pada kelas interval skor > 105 dengan kategori sangat setuju.

The purpose of this research is to determine the implementation of the 2013 curriculum in productive subject by the teacher of Mechanical Engineering Department at SMK N 2 Yogyakarta. The research method being used is descriptive statistics with 12 samples. This is a survey research with a quantitative descriptive analysis. The data were collected by means of questionnaire. Results of the study are: The teachers are ready to implement the learning plan, learning process and to carry out evaluation of learning; with all three are in the category of “strongly agree”. Overall, the teachers can be considered ready to implement the 2013 curriculum, as can be deduced from the results of teacher readiness which is over the 115.333 average value.  The score lies in the interval class score > 105 which is in the category of “strongly agree”.


Keywords


Implementasi kurikulum 2013, statistik deskriptif, kesiapan guru; 2013 curriculum implementation, descriptive statistics, teacher readiness

Full Text:

PDF

References


E. Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Hamid Darmadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 81A Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Pemerintah No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.

Sanjaya. (2008). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penellitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Hadi. (2004). Statistik Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i8.3341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin