HUBUNGAN FASILITAS BENGKEL DAN LINGKUNGAN PRAKTIK TERHADAP PRESTASI PRAKTIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Nurdjito -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas bengkel dan lingkungan praktik terhadap prestasi praktik pemesinan siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan dokumentasi nilai praktik. Hasil penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikan antara fasilitas bengkel dan prestasi praktik pemesinan (ryx1= 0,543), terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan praktik pemesinan (ryx2= 0,609), dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara fasilitas bengkel dan lingkungan praktik secara bersama-sama terhadap prestasi praktik pemesinan (Ryx1x2= 0,632).
This research aimed to determine the correlation between workshop facilities, practice environment and machining practice achievement of class XII students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. This is a quantitative research with an ex-post facto methods. Data were collected using closed questionnaire and documentation of the practice marks. The results show a positive and significant correlation between the workshop facilities and the achievement of the machining practice (ryx1 = 0.543), a positive and significant correlation between the machining practice environment and the achievement (ryx2 = 0.609); and a positive and significant correlation between both the workshop facilities and environment practice, and the achievement of machining practices (Ryx1x2 = 0.632).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto. (2011). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Bengkel dan Perawatan Lingkungan Praktik terhadap Prestasi Praktik Kerja Kayu Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran Teknik Dasar Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 1 Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. FT-UNY.
Heru Budi Setiawan. (2001). Pengaruh Fasilitas Bengkel dan Lingkungan Praktik Terhadap Prestasi Kerja Bangku Siswa Kelas 1 Jurusan Mesin di SMK N 2 Yogyakarta. Skripsi. FT-UNY.
Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofsset.
Wina Sanjaya. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: kencana.
Sukanto Reksodihadiprodjo dan Indriyo GitoSudarmo, (1986). Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE-UGM.
Sukardi. (2015). Manajemen Bengkel dan Laboratorium Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i7.3332
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin