PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI PRAKTIK PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
Edy Purnomo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa dalam pembelajaran praktik pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa kelas XI terdiri dari 28 siswa sebagai kelas kontrol dan 28 siswa sebagai eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes (posttest), nilai diambil dari hasil benda kerja yang telah selesai dikerjakan oleh siswa setelah praktik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kuantitatif menggunakan statistik inferensial. Eksperimen yang dilakukan dalam penelitian adalah membandingkan metode mengajar lama sebagai kelas kontrol dengan metode mengajar baru sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung ≤ t tabel yaitu -1,703 ≤ 1,7. Maka Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi. Pengaruh penggunaan media video pembelajaran praktik dapat diketahui dengan adanya peningkatan rata-rata prestasi belajar praktik. Rata-rata prestasi belajar praktik siswa kelas kontrol didapat 85,22 % dan kelas eksperimen didapat 88,66 %. Hal tersebut menunjukan peningkatan prestasi belajar praktik siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebanyak 3,44 %.
This study aims to determine the effect of learning video media on improving students’ activeness and academic achievement in practice subject of lathe machining at SMK Muhammadiyah Prambanan. This is a quantitative experimental study. The population was the 56 students of class XI, comprised of 28 students as control group and 28 students as experiment group. Data were collected using tests (post test) and the achievement scores were taken from the completed workpieces in students’ practices. The data analysis techniques being used was inferential statistics. The experiments were performed by comparing the classical teaching methods as the control group and the new teaching methods as experiment group. The analysis resulted in tcount ≤ ttable, which is -1,703 ≤ 1,7. The Ho is rejected, which means there are significant effect of the use of instructional video on students’ achievement. The effect of the use of learning video media can be determined by an increase in the average achievement scores of the practical work. The average of achievement scores of the control group and the experiment group is is 85.22% and 88.66%, respectively. It is shown that there is an improvement in students’ achievement by 3.44%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi. (1987). Pendidikan Dari Masa Ke Masa. Bandung: Armico.
Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Dewi Nastiti Handayani. (2012). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran muatan local membatik di SMP Negeri 1 Pleret. Laporan Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Fitri Kurnia Siska Wulansari. (2009). Pengembangan video pembelajaran pengolahan roti manis subtitusi labu kuning pada mata diklat pengolahan kue dan roti di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Laporan Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Rusman, Deni kurniawan, & Cepi Riyana. (2010). Pembelajaran berbasis Teknologi informasi dan Komunikasi. Jakarta: Grafindo Persada.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i7.3330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin