PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEGELASAN

Wahyu Nur Musyafa, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Riswan Dwi Djatmiko, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan prestasi belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran TGT, dan (2) perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pengelasan melalui model pembelajaran kooperatif TGT. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental-Kuasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pengelasan SMK Negeri 3 Purbalingga sebanyak 66 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, persentase dan kriteria beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatkan prestasi belajar siswa setelah diberikan model TGT sebesar 30%; dan (2) perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pengelasan melalui model pembelajaran kooperatif TGT sebesar 12%.

This study aimed to find out: (1) the improvement of students’ academic achievement after being given the TGT learning model, and (2) the difference of students’ achievement in the subject of Welding through TGT cooperative learning model. This is a quasi-experimental study. The research population is all of the 66 students in the 10th grade of Welding Department SMK Negeri 3 Purbalingga. Data were collected using written tests. Data were analyzed using quantitative descriptive analysis, percentage, and different criteria. The results of the study indicate that: (1) the students’ academic achievement improved by 30% after being given the TGT model; and (2) differences in students’ achievement in the subjects of Welding through TGT cooperative learning model is 12%.


Keywords


Teams Games Tournament (TGT), Prestasi Belajar Teknik Pengelasan; teams games tournament, TGT, Welding, Academic achievement

Full Text:

PDF

References


Alfian Banuarli. 2012. Perbedaan Hasi Belajar Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dan Konvensional Dalam Mata Pelajaran Dasar Otomotif Sepeda Motor Pada Siswa Kelas X Jurusan Sepeda Motor Di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Skripsi. FT-UNY

Isjoni, H. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuril Miliati. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ar-rahmah Jabung Malang. Skripsi. FMIPA-UNS.

Oemar Hamalik. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin Robert, E. 2005. Cooperative Learning Teori Risert dan Praktik. Bandung: Nusa Media

.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantutatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

UU RI No 14 Tahun 2005 Tentang Profesional Dengan Tugas Utama Mendidik, Mengajar, Membimbing, Mengrahkan, Melatih, Menilai, Dan Mengevaluasi Peserta Didik Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jalur Pendidikan Formal, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah. Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i5.3308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin