PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DAN ELEMEN MESIN KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK
Zainur Rofiq, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin berupa modul untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian dan pengembangan. Produk berupa media pembelajaran ini dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) identifikasi masalah mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin; (2) pengumpulan data kebutuhan modul; (3) desain produk modul: (4) validasi dan uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, uji terbatas, dan uji kelompok besar meliputi beberapa revisi; (5) produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu modul Mekanika Teknik dan Elemen Mesin yang siap digunakan pada pembelajaran. Hasil kelayakan modul dari dosen ahli materi yaitu modul termasuk dalam kategori baik, ahli media termasuk dalam kategori sangat baik, guru ahli materi termasuk dalam kategori baik, uji terbatas termasuk dalam kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar,modul termasuk dalam kategori baik.
The purpose of this research is to develop a module as an instructional media of engineering mechanics and machine elements subjects for the 10th grade of machining department at SMK N 3 Yogyakarta. This research uses Research and Development (R&D) approach. The instructional media was developed through several stages, namely: (1) problem identification of engineering mechanics and machine elements lessons; (2) collecting data for the module requirements; (3) design of the module; (4) validation and feasibility test by the the expert on the course subjects, media expert, small group testing, and large groups testing involving revisions; and (5) final product. Data were collected using questionnaire. Data analysis were done using quantitative-descriptive statistics technique and were subsequently converted into qualitative data to determine the feasibility of the instructional media. The results of this study is a module of engineering mechanics and machine elements, ready for use in learning processes. For the feasibility test results, the expert of the course subjects classify the module in the category of good, the media expert classify it in the category of very good. The modul is considered in the category of good from the small group testing, and is in the category of good from the large group testing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anom Yogo Wibowo. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Las TIG Menggunakan Adobe Flash CS 3 di SMK N 1 Sedayu. Skripsi S1. Yogyakarta : Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik UNY.
Dhani Setiana. (2013). Penerapan Modul Mesin Bubut CNC Untuk Meningkatkan Keaktivan dan Kompetensi Pada Mata CNC Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Skripsi S1. Yogyakarta : Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik UNY
Ryan Fitrian Pahlevi. (2012). Pengembangan Modul untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Menginterpretasikan Gambar Teknik di SMK Muhammadiyah 01 Paguyangan Brebes. Skripsi S1. Yogyakarta : Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik UNY
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sukardi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Yudhi Munadhi. (2013). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru---Referensi. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i5.3305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin